• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Petani Terima Bantuan dari Bupati Bangka Tengah

Selasa, 04 Desember 2018 | 20:12 WIB
Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM memberikan bantuan kepada sejumlah petani di Kabupaten Bangka Tengah.
Klikbabel.com, Koba -  Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM memberikan bantuan kepada sejumlah petani di Kabupaten Bangka Tengah sekaligus melaksanakan launching produk komuniti hasil perkebunan unggulan kabupaten Bangka Tengah, Selasa (04/12/2018).
Ibnu Saleh memberikan bantuan kepada petani Se-Kabupaten Bangka Tengah berupa bantuan bibit lada, pupuk organik dan pestisida kepada para petani. Tidak hanya itu, Ibnu Saleh juga memberikan bantuan kepada peternak berupa sapi dan mesin pencacah sawit sebagai pakan sapi. Ini merupakan bentuk nyata program integrasi sapi sawit yang selama ini digembor-gemborkan Bupati. 
 
Dalam kesempatan tersebut hadir sejumlah kelompok tani dari seluruh Kecamatan di Bangka Tengah, lara OPD, camat dan kepala desa di Kabupaten Bangka Tengah.
 
Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa harga lada yang ada saat ini memang sudah mengikuti mekanisme pasar yang memang sulit dikendalikan pemerintah. Untuk mensiasati hal tersebut menurut Ibnu Saleh, salah satunya adalah dengan menekan biaya produksi agar hasil produksi masih seimbang dengan biaya produksi. Salah satunya dengan penggunaan junjung hidup.
 
"Saya berbagi pengalaman saat mengunjungi petani di Vietnam dalam lawatan kerja beberapa waktu lalu bahwa harga lada di Vietnam jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia namun petani Vietnam lebih untung karena biaya produksi yang rendah dan produktifitas yang tinggi," ujar Bupati.
 
Ibnu saleh mengatakan kalau satu batang lada Vietnam bisa menghasilkan sampai 12 kg, namun di kita hanya 0,6 kg. Dan petani Vietnam sudah menerapkan teknologi junjung hidup yang mereka pelajari di Bangka tengah sekitar tahun 2007 s.d. 2010.
 
Selain pengalaman di Vietnam, Ibnu juga berbagi cerita lawatan kerjanya memperkenalkan produk andalannya di pasar timur tengah terutama Jeddah Arab Saudi. Dalam pameran tersebut produk yang paling laku dan harganya 4 kali lipat harga pasar kita adalah produk turunan gaharu seperti minyak gaharu dan gaharunya sendiri. Sangat laris dan sangat mahal menurut nya. Oleh karena itu, Ibnu menghimbau petani untuk menanam Gaharu disela tanaman lain.
"Saya berpesan kepada petani untuk dapat maju dan berhasil harus banyak belajar dengan petani yang sudah berhasil. Banyak petani-petani yang sudah berhasil di Bangka Tengah karen itu saya berharap petani percaya dengan pemerintah dan menerapkan teknologi yang disarankan pemerintah melalui penyuluh pertanian yang ada di desa-desa. Saya berjanji akan mendorong para kepala desa untuk dapat menganggarkan sebagian besar APBDes untuk mendukung program ekonomi rakyat terutama dibidang pertanian dan peternakan yang merupakan sektor utama di Bangka Tengah," tandas Bupati Bangka Tengah.(adv)
loading...
loading...


Penulis  : Faisal
Editor    : Zahrul
Sumber : klikbabel.com