• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lomba Gasing Diharapkan Dapat Tarik Wisatawan Mancanegara

Senin, 03 Desember 2018 | 14:57 WIB
Lomba gasing yang diadakan oleh Pemkab Bangka Barat. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Lomba permainan tradisional Gasing diselenggarakan, hari ini (3/12/2018) di Bungalow Pantai Batu Rakit, Bangka Barat. Lomba Gasing ini diikuti oleh peserta putri sebanyak 23 orang dan peserta putra sebanyak 94 orang se -Bangka Belitung.

Klik Juga : PNS Jogja Banyak Terjangkit HIV/Aids

Perlu diketahui lomba gasing merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat dan merupakan salah satu bentuk permainan yang keberadaannya dikenal oleh hampir semua suku bangsa Indonesia.

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus menyampaikan sebagai salah satu bentuk permainan rakyat tradisional, keberadaan permainan gasing pada awalnya merupakan perwujudan untuk mengisi waktu senggang dan sebagai sarana hiburan. Kemudian setelah itu dikembangkan sebagai hasil budaya manusia yang terwujud dari serentetan nilai - nilai yang menurut masyarakat atau kelompok suku bangsa pendukungnya diakui keberadaannya.

"Dalam perkembangannya, permainan gasing juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menanamkan nilai - nilai luhur dan membina keterampilan tertentu pada masyarakat pendukungnya. Oleh karena itu, perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan permainan gasing merupakan bagian penting bagi penguatan jati diri atau identitas bangsa," tuturnya.

Untuk itu dirinya mengharapkan permainan tradisional Gasing ini khususnya di Kabupaten Bangka Barat harus terus dikembangkan untuk mempertahankan wisata budaya dan juga perlu dikembangkan agar memberi manfaat yang optimal bagi sektor pariwisata. "Sehingga dari permainan Gasing ini setidaknya dapat mengundang wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Barat," harapnya.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com