• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Siswa SLB Sungailiat Antusias Rayakan Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Sabtu, 01 Desember 2018 | 16:46 WIB
Perayaan Hari Disabilitas Internasional di SLB Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Peringatan Hari Disabilitas Internasional juga dirayakan oleh siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (1/11/2018) dengan berbagai kegiatan. Dalam peringatan yang telah diresmikan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa sejak 26 tahun lalu tersebut, terlihat para siswa juga begitu antusias mengikuti peringatan hari disabilitas yang seharusnya jatuh pada Senin (3/11) ini.

Teguh salah seorang tenaga pendidik di SLB Sungailiat mengatakan, pihaknya sengaja menggelar kegiatan lebih cepat dari hari sebenarnya yakni pada Senin besok, dikarenakan sudah memasuki hari ujian para siswa. ''Seharusnya Senin, tapi mereka (siswa) pada Senin sudah mulai ujian, makannya kita percepat,''jelasnya.

Ia melanjutkan, dengan diperingatinya Hari Disabilitas Internasional ini, diharapkan menjadi momen terbaik bagi para penyandang disabilitas, dalam menunjukan eksistensi mereka kepada dunia. Teguh juga ingin para penyandang disabilitas dapat diterima ditengah masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Bangka. Sampai saat ini, para siswa yang menempuh pendidikan di SLB Sungailiat berjumlah 119 siswa.

''Semoga saja teman-teman kita ini semakin lama semakin dapat diterima oleh masyarakat. Karena mereka juga sangat membutuhkan perhatian dari kita,''ungkapnya. Perhatian Pemerintah, dikatakan Teguh, juga sangat diinginkan, terutama terkait fasilitas pendukung para penyandang disabilitas tersebut.  Hal tersebut, karena terkadang para siswa penyandang disabilitas juga membutuhkan fasilitas pendukung dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

''Harapan kami, ya pemerintah daerah juga lebih memperhatikan teman-teman kita ini. Mereka juga ada yang membutuhkan alat bantu untuk beraktivitas,''harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid Resos dan Linjamsos, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bangka, Aris Munandar menyampaikan, pihaknya hingga saat ini tetap melakukan salah satu tugas dan fungsinya yakni, melakukan pembinaan terhadap para penyandang disabilitas. Dirinya juga menyadari, para penyandang disabilitas sudah seharusnya mempunyai ruang dalam kehidupan bermasyarakat. ''Mereka juga memang sudah seharusnya ada ruang di masyarakat. Dimana kita juga harus peduli dengan mereka,''tuturnya.

Sementara itu, ketika disinggung peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka terhadap para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bangka, dikatakannya, Pemkab Bangka hingga saat ini sudah menyediakan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) dengan maksud untuk memberikan pemahaman dan konsultasi terkait permasalahan disabilitas.  Dinsos Bangka dalam hal ini juga berkerjasama dan saling berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bangka belitung (Babel) terkait hal tersebut.

''Jadi kita koordinasi dengan RSJ, misalnya dalam menangani penyandang disabilitas. Bagaimana seharusnya yang dilakukan, termasuk cara menangani mereka,''terangnya.

Aris pun berharap kedepannya, para penyandang disabilitas khususnya di Kabupaten Bangka, semakin mendapat perhatian dunia luar yang meyakini mereka dan memberikan motivasi dalam kehidupan sehari-hari. ''Mari merangkul mereka. Kita harus memberikan semangat dan support untuk mereka, bahwa kita sama,''tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com