• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pondok Lentera Ingin KPU Bangka Juga Perhatikan Penyandang Difabel 

Sabtu, 01 Desember 2018 | 21:38 WIB
Peringatan Hari Disabilitas Internasional oleh SLB Sungailiat. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Perhatian khusus serta motivasi untuk para penyandang disabilitas sangat dibutuhkan dari masyarakat, karena secara tidak langsung mereka dapat lebih mengetahui arti tentang kehidupan dan dapat memicu eksistensi mereka untuk berkarya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dwi Kurniawan, salah satu Tenaga Pendidik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sungailiat, yang juga Ketua dari Komunitas Pondok Lentera Kabupaten Bangka, Sabtu (1/11/2018).

Ia melanjutkan, untuk itu pihaknya saat ini sudah lebih proaktif dalam memberikan ruang khusus bagi penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bangka dan Bangka belitung (Babel) pada umumnya dengan mendirikan Komunitas Pondok Lentera Kabupaten Bangka. Komunitas yang bergerak di bidang sosial khususnya bagi penyandang disabilitas ini didirikan atas kepedulian mereka terhadap para penyandang disabilitas tersebut.

"Baru didirikan pada bulan Agustus 2018 kemarin. Hal ini dilatarbelakangi masih sedikit dan minimnya komunitas atau pemerhati bagi mereka penyandang difabel,"jelasnya, Sabtu (1/11/2018).

Tujuan lain dibentuknya komunitas ini, dikatakan Dwi, agar penyandang difabel di Kabupaten Bangka mendapat perhatian yang sama dengan masyarakat lainnya, karena hingga sekarang masih minimnya persamaan lingkungan bagi penyandang disabilitas oleh masyarakat. ''Padahal semua sama hanya ada kekurangan dan kelebihan yang diberikan oleh pencipta. Jelas masih minim persamaan lingkungan bagi mereka, baik oleh pemerintah maupun masyarakat lainnya,"ungkap Dwi.

Sementara itu, terkait akan dilangsungkannya Pemilihan umum (Pemilu) Legislatif, Presiden dan Wakil presiden (Wapres) kedepan, Dwi berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka dapat mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang bagi para pemilih penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bangka. ''KPU Bangka pun harus sering melakukan sosialisasi bagi para penyandang disabilitas, baik tuna netra, tuna grahita, tuna rungu dan lain-lain,''harapnya. 

Ia melanjutkan, hal tersebut dilakukan agar tidak ada arahan bagi penyandang difabel untuk memilih calon tertentu yang bertarung dalam Pemilu tahun 2019 mendatang. Pihaknya beberapa waktu kedepan juga akan melakukan dialog dengan KPU Bangka prihal ini dan diharapkan para penyandang disabilitas dapat perlakuan dan perhatian yang sama.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com