• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hari Aids Sedunia, Momentum Hindari Seks Bebas

Sabtu, 01 Desember 2018 | 21:55 WIB
Kepala DP2KBP3A Bangka Boy Yandra

Klikbabel.com, Sungailiat - Peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati hari ini, Sabtu (1/11/2018) dengan tema ''Know Your Status'' atau kenali statusmu menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk menjauhi dan mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, juga berharap pada masa sekarang ini semakin banyak orang yang berpikir untuk menghindari dan mencegah penyebaran HIV AIDS ini. ''Kita tentunya ingin masyarakat lebih hati-hati terhadap penyakit ini. Sudah saatnya kita jaga kesehatan tubuh sejak dini,''jelasnya, Sabtu (1/11/2018).

Boy juga menginginkan, terutama peran serta keluarga khususnya orang tua dapat mengawasi pergaulan anak-anaknya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ia melanjutkan, prilaku seks dini maupun seks bebas juga saat ini menjadi salah satu penyumbang terjangkitnya virus HIV, dimana lingkungan pergaulanlah menjadi peluang terjadinya hal menyimpang tersebut. ''Orang tua harus detail kalau bisa. Mengawasi anak mereka apabila mau pergi keluar. Harus tahu kemana tujuan mereka, dengan siapa mereka pergi, dan lain-lain,''imbaunya.

Sementara itu, ditanyakan prihal ada atau tidaknya program maupun kegiatan dari DP2KBP3A Kabupaten Bangka dalam mengantisipasi penyebaran HIV AIDS, dikatakan Boy, pihaknya selalu rutin memberikan pemahaman prihal pencegahan HIV AIDS. Program tersebut salah satunya menggelar kegiatan semacam sosialisasi ke Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bangka, dengan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai bahaya, penyebaran serta apa saja penyebab munculnya penyakit mematikan itu.

''Selalu kita berikan. Ada ke sekolah, ada juga program Bina Keluarga Remaja (BKR). Hal ini dapat memberikan gambaran kepada remaja, dalam memahami seputar reproduksi dan juga penyakit-penyakit yang dalam lingkup itu,''tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com