• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


30 Tahun Hari Aids Sedunia, Kenali Status Anda dengan Tes HIV

Sabtu, 01 Desember 2018 | 06:55 WIB
Hari Aids Sedunia
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Kampanye peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember akan berusia 30 tahun. Tema Hari AIDS Sedunia yang diangkat kali ini adalah Know Your Status, alias kenali statusmu. Dikutip dari laman resmi UNAIDS, kenali statusmu diangkat menjadi tema karena masih banyak pengidap HIV yang belum mengetahui statusnya.

Akibatnya, mereka tidak mendapatkan pengobatan dan dukungan yang berkualitas. "Hari ini, 3 dari 4 orang yang mengidap HIV mengetahui statusnya. Namun masih ada tantangan untuk merangkul orang-orang yang belum mengetahui statusnya, dan memastikan hidup mereka berkualitas," tulis UNAIDS.

Sayangnya, masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk bisa merangkul dan mengajak tes HIV. Stigma dan diskriminasi yang masih kental membuat orang-orang sulit bahkan untuk sekadar mendapat informasi soal tes HIV. Hal ini membuat penanganan penyakit HIV dan AIDS terhambat, karena orang baru akan melakukan tes HIV setelah muncul gejala penyakit. Demi meningkatkan jangkauan, terobosan baru soal tes HIV kini marak digaungkan. Tes HIV mandiri, tes berbasis komunitas, dan tes HIV yang dibarengi tes penyakit lainnya dinilai membantu kampanye kenali statusmu.

"Maka dari itu, kampanye Hari AIDS Sedunia penting untuk meningkatkan pengetahuan serta pentingnya tes HIV, dan upaya untuk mempermudah tes HIV bagi seluruh orang di dunia," tutupnya.

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com

Topik