• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disoroti Tunjangan Besar Kinerja Tak Maksimal, Ini Penjelasan Sumadi Ihwal Kepala ITDA Basel

Jumat, 30 November 2018 | 15:38 WIB
Pelaksana tugas Kepala BKPSDMD Basel Sumadi

Klikbabel.com, Toboali - Kepala Inspektorat Daerah (ITDA) Kabupaten Basel Dwi Santoso merupakan pejabat eksternal dari BPKP Provinsi Babel yang mengikut pengisian jabatan lantaran terjadi kekosongan kursi kepala. Ia berhasil menduduki kursi kepala instansi pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan pengawasan tersebut setelah dibuka seleksi pengisian jabatan oleh pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

Pelaksana Tugas Kepala BKPSDMD Basel Sumadi membenarkan jabatan kepala aparat pengawasan intern pemerintah atau yang lebih dikenal APIP merupakan pejabat dari BPKP Babel. Ihwal tunjangan Kepala ITDA Basel lebih besar, Sumadi mengklaim data tersebut ada di Badan Keuangan Daerah (Bakuda) selaku instansi yang membawahi keuangan daerah.

"Di Bakuda (keuangan), kalau tunjangan itu. Ada inspektorat saya juga ikut, itu kan hasil lelang dan kewenangan untuk menetapkan, memilih kembali lagi ke PPK," katanya, Jumat (30/11), saat ditanya tunjangan dan proses seleksi pengisian sehingga memberdayakan pejabat eksternal.

"Setelah masuk tiga besar itu kan kewenangan PPK untuk mengangkat siapa. Kalau sudah masuk tiga besar itu kan haknya sama," tambahnya.

Seperti diketahui, kinerja ITDA Basel selaku APIP saat ini kian disoroti karena dinilai belum maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Mereka cukup berperan besar dalam melakukan pengawasan pada keuangan, mengaudit dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyimpangan. Juga pada capaian predikat opini WTP apabila keuangan dinilai baik.

"Yang berhak mengukur kinerja itu kan atasan. Kita tidak berhak untuk menilai kinerja sesama posisi. Tapi kekurangan tenaga auditor memang iya. Kita (menyikapinya) bisa mengangkat baru, mengikutkan diklat auditor, menempatkan auditor disitu," jelas Sumadi.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com