• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Peningkatan Populasi Sapi di Basel Masih Rendah

Kamis, 29 November 2018 | 11:07 WIB
Gebyar peternakan Basel. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pulaubesar - Pengembangan peternakan di Basel selama 12 tahun terakhir masih didominasi dengan tahapan meningkatkan minat dan motivasi peternak. Padahal sektor peternakan juga menopang peningkatan produktivitas tanaman pangan bagi petani dengan pemanfaatan kotoran ternak menjadi pupuk organik.

Sehubungan dengan rendahnya peningkatan populasi ternak tersebut, pemerintah masih berperan sangat besar dalam meningkatkan populasi dengan secara rutin memberi bantuan kepada peternak sebagai modal untuk dikembangkan dengan pembiayaan dari APBN, APBD provinsi dan APBD kabupaten.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Basel Justiar Noer dalam Gebyar Peternakan Basel tahun 2018 pada Kamis (29/11) pagi di Desa Fajarindah Kecamatan Pulaubesar.

"Kami laporkan bahwa populasi ternak kita saat ini baru mencapai 1.414 ekor dengan angka kelahiran sampai dengan November 2018 sebanyak 267 ekor. Terjadi peningkatan dari tahun 2017 hanya 1.366 ekor dan tahun 2016 hanya 1.263," demikian disampaikan Justiar.

"Selain dibayangi permasalahan terjadi penjualan dilevel peternak sehingga tidak terjadi peningkatan populasi secara signifikan, jumlah peternak kita relatif masih rendah. Hanya ada 364 orang, harapan ledakan jumlah populasi sapi belum tercapai. Apalagi tahun 2017 terjadi pemotongan 858 ekor untuk memenuhi kebutuhan, walau tetap tak cukup," sambung dia.

Meskipun begitu, Pemkab Basel telah berupaya meningkatan populasi sapi dengan menjalankan program seperti sapi indukan wajib bunting (SIWAB) dengan penerapan inseminasi buatan (IB) dan program asuransi usaha ternak sapi (AUTS) yang telah menjangkau ternak sapi sebanyak 323 ekor.

"Kita akan terus fokuskan peningkatan jumlah populasi, peternak, kualitas kelembagaan serta pengembangan kawasan peternakan. Sedangkan pengembangan kawasan peternak mengacu potensi wilayah ada tiga kecamatan seperti Pulaubesar, Airgegas dan Payung," tukasnya.

Untuk merealisasikan program pada peternakan sapi tadi, Justiar mengajak para peternak dan petani terus memacu semangatnya untuk bekerja dan berkarya, karena tanpa peran kedua sektor tersebut program apapun akan sulit berhasil dilaksanakan.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com