• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kewenangan di Provinsi, Satpol PP Sebatas Mengimbau

Kamis, 29 November 2018 | 08:23 WIB
Achmad Suherman

Klikbabel.com, Sungailiat - Maraknya penambangan liar yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan di wilayah Kabupaten Bangka, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka sangat proaktif memberikan imbauan kepada oknum-oknum pelaku tambang ilegal tersebut.

Kabid Penegak Peraturan daerah (Perda), Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus memberikan imbauan kepada para penambang untuk tidak melakukan aktivitas penambangan yang tidak memiliki izin. ''Kita terus kasih imbauan ke mereka. Karena jelas lokasi yang mereka tambang tidak boleh dilakukan penambangan,''jelasnya kepada klikbabel.com, Rabu (28/11/2018).

Ia melanjutkan, Satpol PP Bangka sendiri, memang hanya dapat memberikan imbauan kepada para penambang tersebut untuk tidak melakukan aktivitas penambangan di daerah terlarang seperti kawasan Hutan produksi (Hp).  Karena terkait perizinan tambang sendiri saat ini menjadi wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka belitung (Babel) dan Pemkab Bangka sendiri, dikatakan Herman, hanya mempunyai kewenang berdasarkan aturan batasan, seperti jarak dan lain-lain.

''Memang kalau untuk masalah perizinan itu sekarang ada di provinsi. Dan kita terbatas, hanya bisa memberikan imbauan,''ungkapnya. Herman pun berharap, pemerintah provinsi Babel dapat lebih sigap dan tegas menindak para para penambang yang nekat melakukan aktivitas tambang di kawasan Hp, khususnya di wilayah Kabupaten Bangka ini. Selain itu, pihak pemprov Babel juga diminta dapat lebih proaktif melakukan peninjauan di lapangan, karena apabila dibiarkan, bukan tidak mungkin kerusakan lingkungan akan lebih luas.

''Satpol PP Bangka terus melakukan penertiban, tapi setelah itu hanya bisa mengimbau. Kami juga membuka pintu bagi masyarakat, LSM maupun pihak desa, apabila mau melaporkan terkait aktivitas tambang ini,''tutupnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com