• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gandeng Disdikbud, Pokja Jurnalis Basel Gelar Workshop Jurnalistik Guru SMP

Rabu, 28 November 2018 | 18:20 WIB
Kegiatan workshop jurnalistik tingkat Guru SMP se Kabupaten Basel, Rabu (28/11)
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Momentum HUT PGRI dan Hari Guru tahun 2018 dijadikan Kelompok Kerja (Pokja) Jurnalis Basel untuk menggelar kegiatan workshop jurnalistik tingkat Guru SMP se Kabupaten Basel, Rabu (28/11) di Aula Disdikbud Basel. 

Dalam penyelenggaraannya, pokja jurnalis mengandeng Disdikbud Basel dalam kegiatan workshop jurnalistik tersebut. Terpantau, sedikitnya ada 25 guru yang mengikuti acara yang digelar oleh awak media yang bertugas di Negeri Junjung Besaoh.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kadisdikbud Basel Eddy Supriadi. Edo, sapaan akrabnya menuturkan, kegiatan workhsop jurnalistik tersebut merupakan suatu hal yang positif memberikan edukasi kepada pihak sekolah melalui guru dalam sebuah karya tulisan. 

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal membangun karya tulis-menulis untuk dipublikasi melalui sebuah pemikiran, gagasan secara objektif dan baik. Selama ini ruang itu tertutup dan inilah moment membuka ruang pikir kita agar tergerak keberaniannya untuk menulis," katanya. 

Menurut Edo, kegiatan yang diinisiasikan oleh Pokja Jurnalis Basel tersebut merupakan sebuah peluang yang besar bagi sekolah bagaimana menjalin komunikasi yang baik dengan para pewarta. 

Sehingga para guru dalam hal ini dapat peka mengamati kegiatan dilingkungan sekolah untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. 

"Apa saja yang ada dilingkungan sekolah itu sehingga bisa dituangkan dalam tulisan. Baik kegiatan, prestasi siswa dan guru dan lingkungan. Ini telah difasilitasi dengan media sebagai ruang publikasi, peran kita tinggal memaksimalkan, ini sangat tepat, bukan hanya sudah nulis clear. Bagaimana prosesnya, inilah pelatihannya," paparnya. 

Tak lupa, Edo turut mengapresiasi kepada pokja jurnalis yang telah intens, konsisten dalam menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa seperti ini. 

Sementara, Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan menjelaskan kegiatan workshop jurnalistik tersebut merupakan kegiatan yang kedua digelar yang mana kegiatan pertama merupakan inisiasi dari Disdikbud beberapa tahun lalu. 

"Tahun ini kami (pokja) yang menggandeng Disdikbud. Tujuan kita ingin membuka ruang komunikasi publik antara media dan sekolah, sekolah bisa menyampaikan kegiatan atau sebuah pemikiran melalui tulisan artikel, video, cerpen, prestasi sekolah, prestasi guru, siswa kepada kita untuk kita publish ke media. Yang tergabung dalam pokja jurnalis," kata Dedy.

Perlu diketahui, lanjut Jurnalis media Rakyat Pos yang sehari-harinya menjalankan tugas jurnalistik di Kabupaten Basel, tidak seluruh berita yang terekspose ke media harus berbayar. Nah, seperti berita biasa yang nantinya dikirim oleh sekolah ke pewarta dipastikan gratis. 

"Ada data dan foto, insya allah terbit di media yang ada didalam pokja kita ini. Alhasil pemikiran, gagasan berbentuk tulisan cerpen, opini dan kegiatan prestasi di sekolah diketahui masyarakat luas, bisa saja sekolah dilirik pemerintah provinsi, pusat. Dampaknya luas, bisa saja ada dana yang mengalir untuk sekolah yang berprestasi itu," terangnya. 

Dedy mengungkapkan, melalui kegiatan workshop tersebut ia mendorong para guru untuk menuangkan gagasan dan pikiran dalam sebuah tulisan. Ia berharap melalui forum diskusi ringan tersebut diharapkan akan muncul sebuah tulisan yang baik, entah dari guru ataupun siswa.

Berikut media yang tergabung didalam Pokja Jurnalis Basel :

1. Bangkapos
2. Rakyat Pos
3. Babel Pos
4. Laskar Pelangi
5. TVRI
6. Wow Babel
7. Babel Review
8. Berita Bangka
9. LKBN Antara
10. Basel Pos
11. Klik Babel

Loading...


Penulis  : -
Editor    : Zahrul
Sumber : klikbabel.com