• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemda Basel Efisiensi dan Penajaman Belanja

Minggu, 25 November 2018 | 13:22 WIB
Pengesahan APBD Basel. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Rancangan peraturan daerah APBD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tahun anggaran 2019 telah ditetapkan menjadi peraturan daerah. Dimana diketahui, pendapatan daerah Basel berdasarkan penetapan APBD tahun anggaran 2019 ditargetkan sebesar Rp 976.612.708.156.

Pendapatan sebesar itu ditetapkan berdasarkan asumsi ekonomi makro daerah sebagaimana KUA dan PPAS yang telah disepakati. Maka dari itu, berbagai langkah kebijakan akan ditempuh oleh pemda untuk merealisasikkannya. Sedangkan untuk belanja daerah tahun anggaran 2019 dialokasikan sebesar Rp 992.680.673.138 sehingga menghasilkan pembiayaan diestimasikan sebesar Rp 16.067.964.982.

"Atas alokasi itu pemkab bersama DPRD Basel sependapat bahwa dengan ruang gerak fiskal yang semakin ketat, perlu dilakukan upaya efisiensi pada belanja operasional yang tidak prioritas," demikian disampaikan Bupati Basel Justiar Noer dalam acara rapat Paripurna pengambilan keputusan terhadap Raperda tentang APBD tahun anggaran 2019, Sabtu (24/11)

kemarin di ruang rapat Paripurna DPRD Basel. Selain efisiensi tadi, lanjut Justiar, pemerintah daerah juga akan melakukan penajaman belanja non operasional di perangkat daerah. Namun, tetap menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat dan sejalan dengan prioritas pembangunan daerah. "Pelaksanaan anggaran belanja merupakan bagian utama dari siklus pelaksanaan APBD. Setelah Perda tentang APBD ditetapkan, sejak saat itu pengeluaran belanja dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan implementasi program-program pembangunan dilakukan," tambah Justiar.

Justiar berharap, pelaksanaan APBD dapat mendorong pelaksanaan program lebih efektif dan efisien. Namun seluruh proses tersebut tetap dilakukan berdasarkan asas disiplin anggaran dan menjaga defisit anggaran pada level yang aman.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com