• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bersihkan Dot si Kecil Jangan Sembarangan, Ini Tipsnya

Kamis, 22 November 2018 | 14:05 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Kebanyakan ibu pasti akan membersihkan dot, empeng, dan perlengkapan bayi lainnya dengan cara mencucinya menggunakan sabun khusus, dan kalau perlu dilakukan proses sterilisasi sesudahnya. Tujuannya, supaya perlengkapan bayi ini higienis, terutama saat masuk ke dalam mulut bayi.

Tapi, percayakah Anda, dikutip dari suara.com, Kamis (22/11/2018), ada sebuah penelitian baru yang mengklaim bahwa cara terbaik membersihkan dot bayi ternyata adalah dengan cara mengisapnya. Dikatakan, hal itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan membantu mencegah mereka mengembangkan alergi.

 

Hasil penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan ilmiah tahunan American College of Allergy, Asthma, and Immunology di Seattle, Washington, menyebut bahwa orangtua yang mengisap dot anak mereka sebagai cara membersihkannya, dibandingkan dengan metode lain seperti mencuci, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan bayi mereka di tahun pertama kehidupannya.

 

Para peneliti percaya bahwa hal ini adalah efek dari perpindahan mikroba sehat dari mulut orangtua ke anak mereka.

 

Penelitian yang dilakukan oleh penyedia layanan medis Henry Ford Health System di Detroit ini melibatkan 128 ibu dari bayi, yang diwawancarai selama 18 bulan, dengan menanyakan cara mereka membersihkan dot anak mereka.

 

Sebanyak 72 persen ibu mengatakan bahwa mereka membersihkan dot dengan cara mencucinya pakai sabun, dan 12 persen membersihkan dengan cara mengisapnya.

Kami menemukan bahwa orangtua yang mengisap dot anaknya akan berpengaruh pada kadar IgE yang rendah, ketika anak berusia sekitar 10 bulan dan berlanjut hingga 18 bulan," kata ahli alergi Edward Zoratti, salah seorang peneliti.

Peneliti lainnya, Eliane Abou-Jaoude, menambahkan bahwa mengekspos anak-anak dengan mikroorganisme tertentu sejak dini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.

"Kami tahu bahwa paparan mikroorganisme tertentu di awal kehidupan merangsang pengembangan sistem kekebalan tubuh yang dapat melindungi terhadap penyakit alergi nanti," katanya.

"Mengisap dot adalah salah satu cara orangtua mentransfer mikroorganisme yang sehat kepada anak-anak mereka. Penelitian kami menunjukkan hubungan antara orangtua yang mengisap dot anak mereka dan anak-anak dengan tingkat IgE yang lebih rendah," tutupnya.



Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : Suara.com