• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bagian Umum Basel Terkesan Tertutup Perihal Pelaporan Keuangan 2018

Rabu, 21 November 2018 | 22:27 WIB
Ruang kerja Kabag Umum Setda Bangka Selatan. (Foto : Devi/kliikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Bangka Selatan (Basel) terkesan tertutup terkait seputar informasi administrasi keuangan di lingkungan Setda setiap tahunnya sampai saat ini. 

Ditemui di ruang kerjanya, Kabag Umum Setda Basel, Endang Kristinawati meminta awak media langsung menemui Sekda selaku Ketua TAPD, Bakuda atau Bappeda terkait informasi keuangan secara keseluruhan. 

"Kalau sekarang kan sudah ada aplikasi, nah lebih baik ke Bakuda saja," singkatnya saat ditanya apakah Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Basel telah menerapkan akuntansi berbasis akrual apa belum sesuai amanat PP Nomor 71 Tahun 2010, Rabu (21/11/2018).

Endang berdalih, bagian umum hanya melaksanakan kegiatan di lingkup Setda saja, tidak secara keseluruhan. Padahal, pelaporan penggunaan anggaran baik di Setda maupun SKPD langsung terpantau oleh bagian umum dengan sistem komputerisasi keuangan. 

"Justru itu di Bakuda juga. Iya langsung, mereka kan keuangan laporan ke BPK. Bukan ke kita (umum)," elaknya, saat kembali ditanya apakah hasil LKPD tahun 2017 sudah diumumkan BPK atau belum untuk menerima predikat WTP apabila dianggap profesional dalam menyajikan laporan keuangan. 

"Bagian umum hanya bersifat koordinasi misal ada kegiatan bupati, kalau masalah anggaran itu kan ada timnya, tim TAPD. Kita gak masuk ke tim anggaran, biasanya ketua (Sekda)," tambah Endang. 

Mengenai berapa besaran makan minum serta rinciannya tahun anggaran 2018 sebagaimana pagu yang telah dianggarkan, dirinya meminta hal tersebut dikonfirmasi langsung ke Sekda Basel, Suwandi. 

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com