• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Komisi I Basel Ingatkan Kegiatan Fisik Segera Diselesaikan

Sabtu, 17 November 2018 | 16:08 WIB
Sekretaris Komisi I DPRD Basel Samsir. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir optimis memasuki akhir tahun anggaran 2018 kinerja Pemkab Basel dalam hal realisasi APBD lebih baik dari tahun sebelumnya. Pihaknya dari Komisi I bukan tanpa alasan memberi penilaian ini, sebab melihat dari estimasi dan prediksi sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun anggaran 2019 hanya diangka Rp 16 Milliar.

"Dan ini berbanding lurus dengan faktualnya jika dilihat dari laporan realisasi per November 2018 dimana pendapatan daerah sudah terealisasi diangka Rp 736.896.234,16 dari total target pendapatan Daerah sebesar Rp 871.379.250.354,61," kata Samsir, Sabtu (17/11).

Melihat dari realisasi pendapatan tadi, artinya pendapatan daerah sudah terealisasi sebesar 84,57 persen yang didapat dari realisasi pajak daerah sebesar 85,23 persen dan dari retribusi daerah sebesar 76,09 persen. Sedangkan hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan sebesar 100 persen, lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sekitar 70,83 persen dana perimbangan 83,38 persen.

Sehingga secara total pendapatan sudah terealisasi sampai saat ini diangka 95 persen dan belanja daerah sudah terealisasi diangka 92 persen. "Adapun beberapa belanja yang belum selesai adalah semua kegiatan dan program yang ditetapkan pada APBD Perubahan. Dan program bangunan fisik dengan nominal besar yang belum selesai termasuk pembangunan RS Pratama Payung dan pasar yang masih dalam proses penyelesaian," katanya lagi.

Maka dari itu, lanjut Samsir, Komisi I DPRD Basel kembali mengingatkan Pemkab Basel agar melakukan pengawasan dan supervisi terhadap sejumlah kegiatan skala besar yang belum selesai dan program kegiatan yang ditetapkan pada APBD-Perubahan. "Ini jangan sampai hanya mengejar limit waktu pengerjaan tetapi mengabaikan sisi kualitas bangunan," pungkasnya.



Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com