• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Komisi III DPRD Basel Rumuskan Dua Perda, Tekan Angka Kemiskinan dan Pengelolaan Sampah

Jumat, 16 November 2018 | 11:52 WIB
Komisi III DPRD Basel.
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - Komisi III DPRD Basel saat ini sangat berkonsentrasi membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan. Hal ini terlihat dari telah dirumuskannya salah satu peraturan daerah (Perda) inisiasi  tentang Penanggulangan Kemiskinan di Bangka Selatan. 

"Komisi III saat ini tengah fokus bersama pemerintah daerah bagaimana mengentaskan angka kemiskinan dengan menginisiasikan Perda Penanggulangan Kemiskinan. Harapan kita secara bertahap angka kemiskinan di Basel terus menurun dan masyarakat Basel terus meningkat menjadi sejahtera tentunya," tutur Ketua Komisi III, Samson Asrimono didampingi Wakil Ketua Komisi Lukman, Kamis (15/11).

Samson menambahkan, Komisi III pun saat ini juga akan secara optimal melakukan salah satu tugas dan fungsi pengawasan terhadap mitra kerjanya yang berjumlah 6 SKPD. Mitra kerja Komisi III sebagaimana yang telah ditetapkan dalam AKD seperti bidang sosial, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pembedayaan masyarakat, bidang pekerjaan umum, penataan ruang dan perhubungan serta bidang tenaga kerja, transmigrasi, koperasi dan usaha kecil menengah.

    

 

"Mitra kerja lainnya ada bidang komunikasi dan informasi, bidang perumahan dan kawasan permukiman, lingkungan hidup serta bidang perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah," ungkap politisi Demokrat tersebut 

Selain itu, pihaknya juga mendorong program bantuan pangan non tunai serta kapal perintis bantuan Kementrian Perhubungan RI. 

“Kita juga terus mendukung upaya Pemkab Basel menuju swasembada pangan, pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi rawa. Juga bagaimana mewujudkan penyelenggaraan E-Government, strategi dan prioritas pembangunan ketenagakerjaan, serta mendorong Basel menjadi Kabupaten Layak Anak yang dilengkapi dengan Fasilitas Umum Ramah Anak,” bebernya. 

Sementara itu, Sekretaris Komisi III Musani mengungkapkan pihaknya terus mendukung Pemkab Basel dalam mengelolah sampah hingga ke desa-desa hingga akhirnya menginisiasi Perda Pengelolaan Sampah Desa. 

 

"Pengelolaan sampah di Kecamatan Toboali sudah cukup baik ditambah hadirnya beberapa bank sampah dan terbukti Toboali tahun 2017 berhasil menerima Piala Adipura. Melihat hal ini, kita akan menginisiasikan bagaimana mengelola sampah dengan baik sampah ke desa-desa hingga perda inisiasi kita diketok palu," ujarnya. 

Artinya, dikatakan Musani kebersihan lingkungan serta pengelolaan sampah bukan hanya sebatas di ibu kota kabupaten saja, tetapi Komisi III lebih mendorong agar seluruh masyarakat desa turut menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan mengelola sampah yang baik.

Sekedar diketahui, komisi yang membidangi pembangunan tersebut dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi komisi dengan maksimal beranggotakan Dian Sersanawati, H Surianto, Asrat Gunanti, Jalaludin dan Mukimin.

 

    

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : Zahrul
Sumber : Klikbabel.com