• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disambangi Komisi I Basel, Ini Jawaban Kemenpan RB Soal CPNS

Ilustrasi. Foto : net
Loading...

Klikbabel.com, Toboali - DPRD Basel mengusulkan Kemenpan RB untuk merubah sistem passing grade atau ambang batas kelulusan CPNS menjadi sistem rangking. Sehingga sistem penentuan kelulusan CPNS lebih meningkat kedepannya. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komisi I DPRD Basel dalam kunjungan kerjanya ke kantor Kemenpan RB pada Rabu (14/11) guna menindaklanjuti aspirasi yang berkembang dari masyarakat terkait rendahnya kelulusan formasi CPNS 2018 di Bumi Junjung Besaoh.

"Jadi semua formasi yang ada pendaftar hanya akan terisi pada tahun ini. Jika tidak dapat terpenuhi, alternatif kedua yang kami usulkan ke Kemenpan RB untuk menurunkan standar passing grade dan disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing yang ada di seluruh Indonesia," ungkap Sekretaris Komisi I DPRD Basel, Samsir, Kamis (15/11).

Samsir mencontohkan, wilayah Papua pada saat ini telah diberlakukan passing grade kelulusan lebih rendah dari daerah lain. Pada dasarnya, pihaknya sangat setuju dan menyadari bahwa tujuan pemerintah pusat menetapkan standar passing grade yang tinggi dalam upaya menjaring SDM yang qualified dan memiliki standar qualitas yang tinggi untuk menjalankan roda pemerintahan. "Kami setuju dan menyadari upaya Kemenpan RB sebagai upaya percepatan peningkatan kinerja pemerintahan. Namun dengan kondisi keterbatasan SDM yang ada seperti sekarang ini apakah harus mengorbankan jalan pemerintah berada pada stagnasi kinerja dalam jangka waktu yang lama," tambah Samsir.

Sementara, Bagian Informasi Publik dan Pelayanan Kemenpan RB, Wasito dalam kesempatan tersebut mengatakan dalam waktu dekat akan ada kebijakan dari pemerintah melalui Peraturan MenPAN RB tentang permasalahan rendahnya angka kelulusan tersebut dengan memperhatikan usulan dari berbagai daerah di Indonesia. Kesimpulannya, ada dua kemungkinan menindaklanjuti permasalahan tersebut, tetap dengan kebijakan sekarang atau dengan kebijakan menggunakan sistem perangkingan atau bisa juga menurunkan passing grade yang sudah ada berdasarkan kondisi daerah.

"Ini akan dibawa dalam rapat panitia pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS Nasional yang memang disini dari berbagai unsur baik dari penyelenggara dan diluar penyelenggara negara seperti ombudsman dan lainnya," jelas Wasito.

Loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com