• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Wantannas Terima Curhat Harga Lada Murah

Rabu, 14 November 2018 | 21:54 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Sungailiat - Curhat terhadap harga komoditi seperti lada dan sawit yang terus menurun hingga saat ini, disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Alfani, saat mendapat kunjungan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di OR Bina Praja, Kantor Bupati Bangka.

Menurut Kemas, prihal tersebut juga membuat Dewan Pertahanan Nasional (Wantannas) menanggapi permasalahan tersebut dan melakukan kunjungan ke Kabupaten Bangka. "Menurunnya harga komoditi ini sangat meresahkan masyarakat, karena sampai sekarang harga yang cenderung tidak menentu,''jelasnya, Rabu (14/11/2018).

Ia melanjutkan, salah satu faktor yang membuat ketidakjelasan harga lada tersebut, adalah ketidakberdayanya Indonesia dalam melakukan pengolahan lada. ''Sehingga sangat jauh dibandingkan Singapura. Indonesia hanya mampu memasok 10 persen lada dunia. Namun, biarpun hanya 10 persen, lada kitalah yang menentukan kualitas lada dunia,''ucapnya. 

Selain itu, Lada Bangka belitung (Babel) juga merupakan Lada yang hingga kini mempunyai kualitas nomor 1 di dunia. ''Oleh karena itu harga jual dunia harus melewati pasar Singapura. Lada kita akan melewati proses Blending (pencampuran) dengan berbagai benua seperti Eropa dan Afrika,"tuturnya.

Menurunnya harga komoditi jenis lada ini, dikatakan Kemas, juga ditanggapi oleh Pembantu Deputi Urusan Ekonomi Kedeputian Pengembangan Setjen Wantannas, Irjen Pol Sukma Mulyono yang mengatakan, masalah harga lada tersebut, dampaknya sangat luas ke masyarakat. Babel sendiri dapat menghasilkan lada sekitar 36.000 ton setiap tahunnya. 

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com