• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Alasan Permudah Dapat Bibit, Anggota Pokdakan Diminta Rp500 Ribu

Rabu, 14 November 2018 | 10:08 WIB
Man, anggota Pokdakan Mina Usaha Jaya. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Salah satu anggota kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Usaha Jaya yang berlokasi di wilayah Kelurahan Teladan, Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengaku pernah dimintai fee sebesar Rp 500 ribu oleh ketua pokdakan, Rabu (14/11). "Waktu itu saya dapat bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas perikanan, sekitar tahun 2016. Dapat bibit ikan 3 ribu, pelet 12 karung. Pada saat panen, ada potongan ketua kelompok 500 ribu, jadi saya kasih," kata Man, anggota Pokdakan Mina Usaha Jaya.

Man menceritakan, ketika dipertanyakan peruntukkan uang potongan saat panen tadi untuk apa, kala itu ketua pokdakan beralasan beralasan untuk mempermudah jikalau kedepannya mendapatkan bantuan bibit dari instansi terkait. "Ketua kelompok bilang biar ambil bibit gampang, saya juga bingung. Karena sudah lama tidak ada bantuan bibit lagi, saya tidak kasih lagi uang potongan," terangnya.

"Saya sudah berulang kali disuruh melengkapi persyaratan fotokopi KTP, KK dan tandatangan ketua. Cuma sudah beberapa tahun tidak ada lagi bantuan, katanya belum dapat, makanya saya sempat off jadi peternak ikan sejak karena tidak ada lagi bibit," tambah dia.

Man memaparkan, saat ini dirinya bisa kembali melanjutkan budidaya ikan air tawar berkat kerjasama dengan salah satu masyarakat sekitar yang membantunya membelikan bibit. Sehingga tiga kolam miliknya saat ini, telah aktif kembali memproduksi ikan air tawar dengan jenis patin, nila dan bawal.

Tatkala masa panen berlangsung nantinya, barulah akan dihitung secara keseluruhan dan dibagi dua dengan masyarakat selaku orang yang telah memodali usahanya tersebut.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com