• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pesisir Matras Sediakan Rumah Singgah Gratis untuk Backpacker

Minggu, 11 November 2018 | 17:21 WIB
Para backpaker yang mendatangi Pantai Matras. Foto ; Ist

Klikbabel.com, Sungailiat - Berdomisili di lingkungan Matras Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pesisir Matras Basecamp, muncul sebagai sebuah komunitas anak muda di Lingkungan Matras yang peduli akan perkembangan pariwisata, ekonomi kreatif, lingkungan dan eksistensi masyarakat pesisir.

Tri selaku pengelola Pesisir Matras tersebut mengatakan, tujuan Pesisir Matras Basecamp sendiri dalam rangka untuk membangun ekonomi pariwisata berbasis masyarakat pesisir Matras dengan menyediakan rumah singgah yang tidak dipungut biaya sedikitpun. Namun hal tersebut, hanya khusus untuk para backpacker dan traveler yang ingin merasakan tinggal bermalam di Pantai Matras tepatnya. ''Itu termasuk juga kita sediakan rumah singgah bagi mereka backpacker yang berkunjung ke sini (Bangka) ini,''jelasnya, Minggu (11/11/2018).

Hingga saat ini, dikatakan Tri, backpacker dari berbagai daerah juga pernah merasakan dan singgah di matras, seperti para Backpacker yang berasal dari Bandung, Jakarta, Semarang Sulawesi, Papua, dan Palembang. " kemarin dari Papua juga sempat singgah di sini. Mereka selama 3 hari menginap di basecamp kita ini. Dia merasa betah di sini, tapi karena banyak perkerjaan lainnya. Jadi cuma tiga hari,"imbuhnya.

Ia melanjutkan, berbagai upaya telah dilakukan mereka dengan mempromosikan potensi wisata di kawasan Matras, Sungailiat dan Bangka pada umumnya, baik melalui media sosial (medsos), website dan lainnya. Hal tersebut mereka lakukan agar pariwisata Bangka dapat dinikmati masyarakat pesisir yang mendapatkan dampak positif dari berdatangannya para backpaker.

''Mudah-mudahan masyarakat yang ada di pesisir ini dapat berkahnya, seperti misalnya ada dari mereka yang menyediakan homestay, warung kecil, dan ekonomi kreatif seperti souvenir, cemilan pesisir juga bisa jalan juga,''ungkapnya. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa berperan dalam penyediaan akomodasi para backpaker, seperti penyewaan motor, perahu wisata, penyediaan panganan yang bersumber dari laut dan lainnya.

Tri juga menceritakan tentang alasan mereka menyasar para backpacker dan traveler. Menurut mereka sendiri, kalangan tersebut (Backpacker) lah yang masih memungkinkan untuk dirangkul dan diajak datang berwisata. ''Karena untuk wisatawan dengan segemen diatas backpacker/traveler cenderung akan mengggunakan jasa perjalanan wisata yang lebih 'Wah', menginap di hotel berbintang, makan di restoran dan hal itu bisa kami pahami sebagai keberagaman dari pilihan jasa wisata,''ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap para backpacker/traveler dapat menceritakan apa yang mereka alami tentang pariwisata Bangka, khususnya kawasan Matras mulai dari Turun Aban, Teluk Pikat, Bukit Matras, Kuliner, hingga keramahan warga dan lain-lainnya melalui tulisan di blog/web, postingan ke media sosial hingga penyampaian langsung ke teman-teman dan keluarganya. ''Opini positif yang dibawa backpacker/traveler kami harap mampu mendatangkan wisatawan lebih banyak ke Matras ini,''tuturnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com