• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinas Pertanian Babel Gelar Gebyar Produk Peternakan dan Kontes Sapi

Jumat, 09 November 2018 | 08:51 WIB

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar gebyar produk peternakan dan kontes ternak sapi tingkat provinsi tahun 2018 yang dilaksanakan, kamis (8/11/2018) di halaman GOR Sahbudin.

Kegiatan tersebut merupakan apresiasi bagi peternak atau kelompok ternak dan insane peternakan dalam usaha memejukan bidang peternakan dan kesehatan hewan di Babel.

"Kita juga memberikan perhargaan kepada kelembagaan kelompok ternak yang berprestasi dalam mendorong tumbuh dan berkembangnya dinamika peternak yang tergabung dalam wadah kelompok ternak yang mampu mandiri dan produktif," ujar Kabid Peternakan Dinas Pertanian Babel, Nurhayati.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap tahun tersebut juga sebagai tempat untuk ajang silaturahmi dan tukar pengalaman serta menambah wawasan serta sebagai ajang promosi sektor peternakan sebagai usaha alternatif pasca tambang yang mampu memberikan kontribusi pembangunan peternakan di Babel.

Dalam gebyar peternak ini Dinas Pertanian menyerahkan bantuan sapi dan diselenggarakan juga kontes ternak dan pameran ternak sapi hasil Inseminasi Buatan (IB), pasar murah hasil pertanian dan peternakan, gerakan Anak Babel Cerdas (ABC) dengan minum susu dan makan telur ayam untuk usia dini, pelayanan kesehatan hewan, lomba asah terampil untuk peternak dan penyerahan hadiah lomba kelembagaan ternak bagi kelompok ternak berprestasi tingkat Provinsi Babel.

"Pada acara kontes ternak hasil IB jenis dan kategori ternak kontes yang dilombakan adalah jenis eksotis non Bali karena saat ini di Babel sapi Bali dan turunannya sedang rawan terkena penyakit jembarana maka untuk sapi Bali dibatasi pergerkannya sehingga tidak tertular dengan ternak sapi Bali lainnya," jelasnya.

Ia mengatakan, realisasi IB di Babel pada tahun 2018 sebanyak 1.036 ekor dari target 1.052 atau telah mencapai 98,48 persen. sedangkan realisasi kebuntingan sapi sebanyak 1.022 ekor dari target kebuntingan sebanyak 735 ekor atau mencapai 139,05 persen. Untuk angka kelahiran realisasi mencapai 687 ekor dari target 588 ekor atau telah melebihi target 116,86 persen. 

"Upaya tersebut tidak terlepas dari peternakan yang telah memiliki kesadaran untuk meng IB ternaknya dan dukungan dari petugas lapangan yang selalu siap sedia melayani peternak diwilayahnya," tuturnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Babel, Haryoso mengapresiasi gebyar peternak yang digelar oleh dinas pertanian. Dia berharap bisa digelar setiap tahun dalam rangka memotivasi peternak untuk menjadi peternak yang berkualitas.

“Menjadi peternak tidak sembarangan, harus memiliki keahlian bagaimana dalam beternak, merawat hewan peliharaan, pemenuhan pakan dan lainnya,” kata Haryoso.

Dia juga menyambut baik, gerakan ABC (Anak Babel Cerdas), dimana gerakan ini harus disosialisasikan, walaupun kecerdasan tidak hanya intelektual tapi juga spritual. Dengan gerakan minum susu dan makan telur ayam, dapat memenuhi kebutuhan akan protein.

“Penyediaan protein hewani memegang peranan penting karena memiliki banyak keunggulan, rasa enak, mudah dicerna, kaya protein asam amino esensial, kaya mineral, lemak, B 6 B 12 dan asam folat,” katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : Septi Artiana
Sumber : klikbabel.com