• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Nilai Budaya di Bangka Akan Dieksplore

Rabu, 07 November 2018 | 16:43 WIB
Penarikan Ketupat Lepas dalam tradisi adat Rebo Kasan di Merawang Bangka. Foto ; Ist

Klikbabel.com, Merawang - Adat Rebo Kasan merupakan tradisi setiap tahun yang digelar masyarakat Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Rebo Kasan dilaksanakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar. Ritual adat ini dimaksudkan sebagai doa tolak bala agar seluruh masyarakat mendapat lindungan dari Allah SWT dan dijauhkan dari segala bala.

Pelaksanaan Rebo Kasan berlangsung, Rabu (7/11) di halaman Masjid Jamik Baitul Islam Dusun Temberan, Desa Air Anyir. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Bupati Bangka Mulkan, Wakil Bupati Bangka Syahbudin dan lainnya.

Kesempatan itu Bupati Bangka Mulkan mengatakan, tradisi Rebo Kasan merupakan rutinitas masyarakat Desa Air Anyir setiap tahun yang menyampaikan doa tolak bala’ agar masyarakat terhindar dari berbagai masalah, baik itu masalah di dalam keluarga maupun masalah yang ada di lingkungan masyarakat. “Doa tolak bala’ agar keluarga, masyarakat, baik yang ada di Kabupaten Bangka maupun yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilindungi Allah Subhanahuwatallah,” kata Mulkan.

Disamping itu Rebo Kasan juga sebagai upaya melestraikan nilai - nilai budaya, sebagai agenda tahunan budaya di Kabupaten Bangka. Di Kabupaten Bangka terdapat sejumlah agenda budaya yang sudah menjadi kalender tahunan selain Rebo Kasan diantaranya Maulid Nabi, Nuju Jerami, Ruahan, 1 Muharam dan lain - lain yang merupakan bagian dari daya tarik pariwisata di Kabupaten Bangka.

Nilai -nilai budaya baik muslim maupun non muslim yang ada di Kabupaten Bangka, menurut Bupati Bangka Mulkan akan diexplor karena sangat disukai wisatawan dari luar negeri karena wisatawan luar negeri datang ke suatu daerah ingin mencari keunikan. “Melalui Rebo Kasan juga terjalin persaudaraan, ukhuwah Islamiyah, alhamdulillah juga akan membuka pintu hati untuk meningkatkan persaudaran," ujar Mulkan.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com