• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gas Elpiji Tiga Kilogram Dijual di Pangkalan

Rabu, 07 November 2018 | 19:34 WIB
Distribusi gas elpiji di Bangka Selatan. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan (DPMPPTSPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyatakan tidak adanya kelangkaan peredaran gas elpiji 3 kilogram bersubsidi. Hal tersebut terungkap menyikapi adanya keluhan warga Kota Toboali yang mengaku kesulitan memperoleh gas elpiji 3 kilogram di toko-toko yang ada sejak beberapa hari terakhir.

Kabid Perdagangan DPMPPTSPPP Basel, Saleh, Rabu (7/11) sore mengatakan, telah melakukan sejumlah sosialisasi dan penempelan selebaran yang berisikan usaha toko tidak lagi diperbolehkan melakukan transaksi jual beli gas Elpiji 3 kg.

"Larangan itu sudah jelas. Ada aturannya. Dari undang-undang perdagangan, turun surat edaran, turunan dari peraturan gubernur. Termasuk tidak diperbolehkannya usaha rumah makan menggunakan gas Elpiji 3 kilo. Artinya ini bukan suatu kelangkaan. Cuma pengalihan regulasi aturan jika masyarakat diharuskan kategori kurang mampu membeli dengan langsung datang ke pangkalan," kata Saleh.

"Kami tidak berani mengatakan terjadi kelangkaan, soalnya di tempat lain banyak. Masyarakat memang harus membeli langsung ke pangkalan yang memang sudah memiliki izin untuk mendistribusikan gas Elpiji 3 kilo bersubsidi," terangnya.

Saleh mengatakan, untuk kategori masyarakat kurang mampu yang selayaknya menikmati gas Elpiji 3 kg di Kabupaten Basel terdata sekitar 4 ribu keluarga. Secara detail, rincian kriterianya terdapat di instansi Dinas Sosial Bangka Selatan. Sedikitnya ada delapan kriteria yang menyatakan suatu keluarga dapat dikategorikan tidak mampu. Salah satu diantaranya kondisi rumah permanen atau tidak.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com