• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


DPRD Basel Gelar Paripurna Tetapkan Nota Kesepakatan KUA-PPAS 2019 dan 3 Raperda Menjadi Perda

Rabu, 07 November 2018 | 01:25 WIB
Suasana saat DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar Paripurna dengan dua agenda sekaligus.

Klikbabel.com, Toboali - DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar  Paripurna dengan dua agenda sekaligus, Selasa (6/11/2018) siang di Ruang Rapat Paripurna Junjung Besaoh DPRD Basel. 

Tiga agenda tersebut diantaranya, Penandatangan Nota Kesepakatan Tentang Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUAPBD) dan Prioritas, Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019.

Kemudian Pengambilan Keputusan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bangka Selatan Tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Penyelenggaraan Perpustakaan dan Badan Permusyawaratan Desa. 

Pimpinan rapat Paripurna, Ketua DPRD Basel Sipioni diwakili Wakil Ketua I Ansori Norman mengatakan, agenda rapat yang digelar tersebut merupakan tahap akhir rancangan tadi sebagaimana yang telah dilakukan oleh Badan Anggaran (Banggar) Pansus B dan Pansus BPD beserta tim pemerintah daerah. 

"Berdasarkan peraturan perundang-undangan, saya atas nama pimpinan menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keuletan dan kegigihan tim yang telah bekerja keras. Tak kenal lelah melakukan pembahasan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Ansori Norman. 

Selanjutnya, pimpinan rapat mengajak mendengarkan dan menyimak laporan Banggar selama proses pembahasan yang disampaikan langsung oleh juru bicara Banggar Dian Sersanawati untuk menyampaikan laporan hasil kerjanya. Setelah itu, barulah masing-masing fraksi menyampaikan pendapat akhir Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2019.

Lima fraksi tersebut diantaranya Fraksi PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra Amanat Sejahtera, Demokrat Bersatu dan Fraksi Kebangkitan Nurani Nasionalis. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan laporan hasil kerja oleh tim Pansus BPD.

Setelah mendengarkan laporan hasil kerja tadi, DPRD Basel menetapkan 4 poin rancangan dan semuanya telah disetujui oleh seluruh anggota DPRD yang hadir ketika pimpinan rapat melontarkan pertanyaan penetapan rancangan tersebut. 

"Pertama, Rancangan Nota Kesepakatan tentang KUA-PPAS Tahun Anggaran 2019 ditetapkan menjadi Nota Kesepakatan antara Pemkab Basel dengan DPRD Basel Tentang KU-APBD dan PPAS Tahun Anggaran 2019," paparnya. 

"Kemudian Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Basel tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Basel tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Daerah dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Basel tentang Badan Permusyawaratan Desa," ulas Ansori Norman seraya mengatakan semua rancangan tersebut ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Basel. 

Kemudian, nampak dilakukan penandatanganan nota kesepakatan dan berita acara persetujuan bersama antara Bupati dengan pimpinan DPRD Basel dan dilanjutkan dengan mendengarkan pendapat akhir Bupati.

Bupati Basel, Justiar Noer menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Basel yang telah bersama-sama membahas Rancangan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2019 dari awal hingga disepakati secara bersama-sama. 

Justiar turut mengapresiasi telah ditandatanganinya nota kesepakatan Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2019 dan dokumen tersebut akan dijadikan dasar dalam penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2019.

"Ini suatu yang membanggakan bagi kita semua. Proses penyusunan Rancangan Nota Kesepekatan KUA-PPAS, Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Raperda tentang Perpustakaan dan Raperda tentang BPD yang kini telah ditetapkan menjadi Perda bukan suat proses yang mudah," sebutnya. 

"Tentunya, ini dilakukan melalui penyamaan persepsi dan pemahaman terhadap dokumen perencanaan pembangunan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas segala curahan perhatian, pemikiran, serta persetujuan yang telah diberikan dalam pengambilan keputusan ini," jelas Justiar Noer. 

Setelah serangkaian poin acara semuanya telah dilalui, pimpinan rapat Ansori Norman menutup rapat Paripurna serta menyampaikan terima kasih kepada seluruh hadirin dan anggota dewan yang terhormat yang telah mengikuti jalannya Paripurna tersebut sampai dengan selesai. 

Turut hadir dalam rapat Paripurna tersebut  Wakil Ketua II DPRD Basel Samsul Bahri,
Wakil Bupati Basel Riza Herdavid, Sekda Basel Suwandi, anggota DPRD Basel dan seluruh tamu undangan lainnya.



Penulis  : -
Editor    : Zahrul
Sumber : http://klikbabel.com