• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ternyata Dunia Dinosaurus Berwarna Loh!

Selasa, 06 November 2018 | 10:23 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, AS - Kebanyakan dari kita memiliki pemahaman dunia dinosaurus itu memiliki keterbatasan. Namun, para ilmuwan mengungkap beberapa burung bertelur warna-warni, dari biru pucat, merah berbintik-bintik dan berbagai rona lainnya. Telur berwarna berevolusi jutaan tahun yang lalu, dimulai sejak nenek moyang burung, dinosaurus.

Pola dan warna mungkin berfungsi untuk menyamarkan telur dari pemangsa karena telur putih lebih menonjol dibandingkan dengan latar belakang yang lebih gelap. Jadi, orang-orang seperti Oviraptor mungkin duduk di telur yang paling gelap daripada biru putih biasa. "Dunia dinosaurus yang bersarang lebih berwarna dari yang kita duga," kata Dr Jasmina Wiemann dari Universitas Yale.

Para peneliti mendeteksi, dua pigmen yang sama yang hadir dalam telur burung berwarna-warni dalam kelompok dinosaurus yang disebut eumaniraptorans. Perbandingan dengan telur burung modern menunjukkan predator cakar Deinonychus meletakkan telur biru dengan bercak coklat. Oviraptor berbulu burung memiliki telur yang berwarna biru-hijau gelap, seperti emu. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature, menunjukkan bahwa warna telur memberikan keuntungan evolusioner bagi dinosaurus yang memiliki sarang dengan telur yang terbuka, daripada menguburnya seperti yang dilakukan buaya dan kura-kura.

Burung modern mewarisi kemampuan ini. "Kami melihat asal evolusi tunggal warna telur. Sepertinya warna telur berkembang bersama dengan kebiasaan bersarang terbuka, yang cukup rapi," kata Dr Wiemann.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com