• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Realisasi Masih Rendah, Pemberian Vaksin MR Berlanjut

Selasa, 06 November 2018 | 16:42 WIB
Kepala Dinas Kesehatan, Pangkalpinang, Ristum Alamsyah. (Foto : Aditya/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kota Pangkalpinang termasuk salah satu kota yang realisasi pemberian vaksin Measles-Rubella (MR) rendah. Untuk itu, sesuai dengan edaran dari pusat, pemberian suntikan vaksin ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2018.

Klik juga : Tim Prabowo-Sandi Boikot Metro TV

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Ristum Alamsyah mengatakan, keputusan akan berlanjutnya program vaksin MR ini setelah pihaknya melakukan rapat dengan provinsi dan perwakilan dari kementerian kesehatan.

"Tapi sekarang kita hanya memfokuskan hanya di puskesmas dan tempat posyandu, yang dulunya kita fokus ke sekolah-sekolah. Target kita ya untuk anak-anak yang berobat ke puskesmas dan anak-anak yang sedang posyandu," ucapnya, Selasa (6/11/2018).

Lanjutnya, untuk saat ini memang realisasi penyuntikan vaksin MR di Kota Pangkalpinang baru sebesar 49 persen, makanya dengan berlanjutnya program ini pihaknya sangat berharap partisipasi masyarakat juga semakin meningkat. "Target dari saya sendiri di Kota Pangkalpinang kalau bisa lewat dari 60 persen, karena masyarakat sudah tahu akan penyakit Rubella ini," sebutnya.

Sedikitnya partisipasi masyarakat akan penyuksesan vaksin MR ini katanya, salah satu penyebabnya yaitu belum jelasnya halal atau haram akan pemberian vaksin ini. "Itu yang membuat masyarakat enggan untuk menyuntikkan anak mereka, tapi sekarang saya yakin masyarakat sudah tahu kalau MR ini sangat berbahaya dan mereka pasti ingin melindungi anak-anak mereka. Dari MUI juga sekarang sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksin MR ini di wajibkan karena manfaatnya lebih besar daripada mudaratnya," ujarnya.

loading...
loading...


Penulis  : Aditya
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com