• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Mie Instan, Makanan Sejuta Umat yang Tak Punya Gizi

Selasa, 06 November 2018 | 11:01 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Mie instan sering dijadikan menu pengganjal lapar andalan, harga yang dibandrol untuk semangkok mie instan pun terbilang murah, itulah mengapa banyak orang suka makan mie instan sesering mungkin. Bahkan tak sedikit orang yang menjadikan mie instan sebagai makanan wajib mereka setiap hari. Meski begitu, makan mie instan setiap hari tidak baik untuk kesehatan.

Mie instan padat akan karbohidrat, tapi kandungan serat dan protein, vitamin, dan mineral di dalamnya tergolong sangat minim dilansir Hello Sehat. Selain itu, satu bungkus mie instan juga “diperkaya” dengan bumbu mengandung micin alias MSG dan juga garam sodium. Sekitar 1.700 mg sodium akan masuk ke tubuh Anda tepat setelah selesai menghabiskan satu porsi mie instan. Jumlah ini sudah mencukupi 85 persen kebutuhan garam harian Anda dari batasan yang direkomendasikan.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam mie instan, mungkin sekarang Anda mulai bisa menerka-nerka risiko apa saja yang bisa muncul kalau Anda hobi makan mie instan setiap hari. Mie instan bisa dibilang sebagai makanan bergizi minim, bahkan mungkin bisa tidak ada gizinya sama sekali. Maka bisa dibilang bahwa makanan favorit sejuta umat Indonesia ini tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi Anda dalam sehari.

Ditambah lagi, mie instan sangat tinggi kalori dari karbohidrat tepung dan juga tinggi garam sodium. Kebanyakan makan makanan tinggi kalori dan tinggi garam sudah dibuktikan oleh banyak studi dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Mulai dari peningkatan berat badan, hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung. Bahaya makan mie instan setiap hari tidak boleh Anda sepelekan.

Namun bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Jika Anda terbiasa makan mie instan setiap hari, mulailah mengurangi porsinya secara perlahan tapi pasti atau jika ingin lebih sehat, Anda bisa menambahkan potongan sayuran sebagai pelengkap hidangan mie instan Anda.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com