• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Huda Kattan, Wanita Terkaya Berkat Jualan di Medsos

Senin, 05 November 2018 | 06:50 WIB
Huda Kattan. Foto ; net

Klikbabel.com, AS - Nama merek Huda Beauty mungkin sudah tidak asing di telinga para pecinta kecantikan. Sang pemilik Huda Kattan membangun bisnis ini pun tak semudah yang dibayangkan. Wanita yang masuk jajaran daftar orang terkaya di dunia versi Forbes ini memiliki perusahaan dengan valuasi $ 1 miliar atau Rp 15,22 triliun. Saat ini dia memiliki lebih dari 2 juta subscriber di YouTube dan 28 juta di Instagram. Pendiri dan influencer kecantikan ini tidak pernah berencana untuk menjadi pengusaha.

Bahkan, hampir satu dekade yang lalu dia seperti banyak lulusan baru, bekerja keras di pekerjaan yang tidak selalu mencerminkan semangat sejatinya. Kattan sendiri adalah lulusan Universitas Michigan-Dearborn jurusan keuangan. Kattan mengatakan bahwa kesuksesan bukan hanya bekerja keras tapi dengan mencapai kepuasan atau fulfilment.

Selama di universitas, Kattan bergabung dengan sejumlah kegiatan, menjadi mahasiswa kehormatan dan menjadi pembicara di wisuda. Namun, dia tahu ada sesuatu yang hilang. Setelah lulus pada tahun 2007, tunangannya merasakan bahwa Kattan mengalami krisis keuangan. Dia pun menyarankan bahwa sebaiknya Kattan pindah ke Dubai di mana dia akan memulai pekerjaan baru.  Kattan bertanya kepada perusahaan rekrutmen tempat dia bekerja untuk memindahkannya ke kantornya di Dubai.

Pasangan ini akhirnya pindah pada tahun 2008 tetapi tidak bisa lepas dari krisis keuangan.  Dia kehilangan pekerjaannya dalam beberapa bulan setelah pindah. Sementara ia bekerja di PR, ia segera menyadari bahwa itu bukan gairahnya, berhenti di dua minggu pertama.

"Aku seperti, mengacaukan ini. Saya tidak melakukan apa-apa kecuali saya menyukainya, karena saya sudah memberikan hidup saya untuk banyak pekerjaan. Saya harus mencintai apa yang saya lakukan, karena saya akan memberi 110 persen. Saya akan bekerja dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam, jadi saya harus memastikan saya menyukainya," katanya.

Pada tahun 2009, Kattan mulai bangkit. Dia memutuskan untuk melakukan apa yang dia sukai dan ini adalah salah satu dari beberapa momen yang mendorong Kattan untuk memikirkan dampaknya pada dunia.  "Jika saya melakukan sesuatu yang tidak saya sukai, bagaimana saya akan berdampak pada dunia? Dan jika saya tidak mengubah dunia dalam beberapa cara, lalu apa yang saya lakukan?," kata dia.

Siapa sangka, karena tak memiliki arah sang adik pun mendesaknya untuk memperdalam ilmu riasan yang merupakan hobinya sejak lama. Kattan kembali ke sekolah untuk mendapatkan sertifikat dalam seni rias wajah dan mulai mempraktekkan keahliannya di Revlon.  Dari kecantikan ini pun nama Huda Beauty mulai dikenal dan diperhitungkan sebagai sebagai penata rias di siang hari dan seorang blogger pada malam hari.

Iya pun menumbuhkan pengikut dengan membuat tutorial rias dan berbagi kiat ahli. Kerajaan kecantikannya baru saja dimulai, tetapi bahkan kemudian dia tahu dia lebih dekat untuk menemukan rasa kepuasan yang telah hilang. Seperti yang ia jelaskan pada TedXDubai saat tahun 2010. "Pada saat Anda memutuskan untuk melakukan apa yang Anda sukai, Anda telah membuat rencana hidup untuk diri sendiri dan pilihan karir," kata dia.

Saudara perempuannya, Mona pun menyarankan agar ia memulai perusahaan kecantikannya sendiri, tapi Kattan pun menolak gagasan itu. Sebab dia berpikir hanya sebagai seorang penata rias saja. "Saya tidak mengeluarkan uang dari (blog) saya benar-benar lebih dari seorang penata rias. Saya benar-benar berjuang secara finansial, tetapi saya tidak ingin memulai merek kecantikan. Aku pikir aku bukan orang yang punya bisnis," kata Kattan kepada CNBC Make It. 

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : CNBC