• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Anda Rasakan 8 Kondisi Tubuh Seperti Ini, Segera Periksa ke Dokter

Sabtu, 03 November 2018 | 13:05 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Sebagian orang pernah merasakan dimana kondisi tubuh seperti tidak nyaman dan membuat kita risih. Misalnya saja, mulai dari kondisi bau mulut yang tak kunjung hilang meski sudah rutin menggosok gigi, berkeringat berlebihan padahal hanya bergerak sedikit, hingga kondisi lubang anus yang terasa gatal meski Anda sudah membersihkannya dengan benar.

Klik juga : Satu Penyelam Meninggal Dunia Saat Cari Lion Air JT 610

Hal-hal tidak nyaman di atas, dikutip klikdokter, Sabtu (3/11/2018) sebenarnya menyimpan fakta tersembunyi tentang kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itu, tubuh memberikan reaksi bermacam-macam dan cenderung aneh saat ada yang tak beres. Memalukan memang saat Anda menceritakannya kepada orang lain, termasuk kepada seorang dokter. Tapi, Anda memang harus memeriksakannya supaya kondisi itu tidak semakin parah.
 
Ingin tahu kondisi aneh apa saja yang patut Anda waspadai dan wajib dikonsultasikan kepada dokter? Simak penjelasan medisnya berikut ini.

1. Berkeringat sepanjang waktu
Dilansir Healthline, kondisi berkeringat sepanjang waktu dinamakan hiperhidrosis. Menurut penelitian tahun 2016, sebanyak 4,8 persen orang Amerika atau sekitar 15,3 juta orang mengalami hal tersebut dan 51 persennya enggan menceritakan kondisi itu kepada dokter.

Padahal, berkeringat secara berlebihan memberikan efek negatif pada kehidupan mereka. Sementara itu, kondisi keringat berlebihan ini menandakan bahwa Anda mungkin memiliki gangguan tiroid (tiroid terlalu aktif), ketidakseimbangan hormon, ataupun masalah jantung, diabetes, hingga kanker.

2. Anus terasa gatal
Jika Anda merasa sudah membersihkan lubang anus dengan baik dan benar setelah BAB, tidak menggunakan sabun yang membuat alergi, tidak makan makanan pedas, serta tidak memiliki wasir, tetapi anus sering terasa gatal, segera periksakan ke dokter.

Meski kondisi ini kelihatannya tak separah tinja yang berdarah, anus yang gatal dapat mengindikasikan bahwa mungkin Anda terkena eksem atau psoriasis, diabetes, infeksi menular seksual, infeksi ragi atau parasit, penyakit autoimun, atau bahkan kanker anus!

3. Kondisi tinja yang berbeda dari biasanya
Kondisi tinja yang normal adalah seperti sosis dan halus berwarna cokelat (tidak bergumpal-gumpal). Nah, apabila akhir-akhir ini tinja Anda berwarna kuning, bisa jadi Anda mengalami intoleransi laktosa. Sedangkan apabila tinja yang dikeluarkan berwarna hitam, kemungkinan ada perdarahan di saluran pencernaan bagian atas.

Selain itu, jika Anda memiliki konstipasi dan tidak membaik seiring waktu, berhati-hatilah karena itu bisa menandakan radang usus atau bahkan kanker. Jadi, jika Anda merasa frekuensi BAB dan kondisi tinja Anda tidak normal, segeralah cek kondisi tersebut kepada dokter untuk ditangani lebih lanjut.

4. Puting terlihat berbeda
Baik pria maupun wanita, keduanya berpotensi untuk terkena kanker payudara karena sama-sama memiliki puting. Meski gejala umum dari kanker payudara adalah munculnya benjolan, tapi nyatanya masalah puting juga menandakan ada sesuatu yang tak beres pada payudara Anda.

Apabila puting Anda berwarna merah, mendatar, bersisik, mengeluarkan cairan, atau gatal yang bukan disebabkan oleh alergen atau bra kotor, sebaiknya periksakan kondisi tersebut sesegera mungkin. Ingat, kan, bahwa kanker bisa disembuhkan asal terdeteksi sejak dini?

5. Bau mulut yang parah
Kondisi yang disebut dengan halitosis ini sebenarnya tak akan hilang meski Anda mengunyah permen mint. Pasalnya, selain dari masalah kebersihan mulut, bau mulut juga bisa berasal dari bakteri Helicobacter pylori.

Jika bakteri tersebut semakin berkembang karena Anda mengabaikannya, bisa menyebabkan mag dan kanker lambung! Tak hanya itu, bau mulut terkadang juga menandakan gangguan kesehatan lain, seperti kanker paru, gagal ginjal, masalah metabolisme, GERD, dan apnea tidur.

6. Tumbuhnya rambut di tempat tak semestinya
Khusus untuk para wanita, apabila Anda memiliki rambut halus di dagu dan mencoba untuk mencabutnya agar hilang, mereka akan tumbuh kembali. Itu karena adanya ketidakseimbangan hormon yang signifikan (hormon androgen yang lebih tinggi) atau tanda-tanda dari sindrom ovarium polikistik. Jadi, daripada Anda membuat janji ke tempat wax, lebih baik buat janjilah dengan dokter Anda!

7. Kuku kaki yang buruk
Jika Anda memiliki bau kaki, bisa jadi itu disebabkan oleh jamur. Lantas, bagaimana jika kuku kaki yang bermasalah? Misalnya saja, kuku kaki yang gelap, kuku kaki yang pucat, kering, dan rapuh.

Ya, itu menandakan ada yang tak beres dari tubuh Anda. Kuku kaki gelap bisa berarti ada masalah melanoma, kuku pucat menandakan ada masalah anemia, hati atau jantung, sedangkan kuku yang kering dan rapuh bisa jadi indikasi gangguan pada tiroid.

8. Libido rendah & sakit saat berhubungan intim
Menurut Healthline, masalah seksual dapat menjadi akar dari permasalahan medis lanjutan dan bukan hanya masalah psikologis atau emosional. Libido yang rendah menandakan gejala dari penyakit jantung atau stroke. Sedangkan, jika Anda merasakan sakit saat berhubungan seks dengan pasangan, ada kemungkinan organ intim Anda terkena kista ovarium, fibroid, endometriosis, ataupun kanker serviks.

Nah, sebelum 8 kondisi aneh pada tubuh itu semakin parah, buang rasa enggan untuk memeriksakannya ke dokter. Sebab, semakin dini terdeteksi dan diobati, semakin besar pula kemungkinan Anda untuk sembuh. Lagi pula, memiliki kondisi tersebut sangat membuat hari-hari Anda berjalan dengan sangat tidak nyaman. Jadi, jangan urungkan niat Anda ke dokter hanya karena malu, ya!

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com