• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Keren, Lawang Budaya Ensamble Bangka Tampil di Pekan Komponis Indonesia

Jumat, 02 November 2018 | 19:09 WIB
Pekan Komfonis Indonesia

Klikbabel.com, Jakart - Lawang Budaya Ensamble yang berada di bawah managemen Lawang Budaya, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, akan tampil di konser Pekan Komponis Indonesia 2018, Sabtu (3/10/2018) besok. Mereka sendiri akan menampilkan karya musik berjudul "Spirit of Dambus" sebuah karya tradisional hasil racikan tangan serta pemikiran Musisi Babel, Wandasona Alhamd dan rekan.

Pimpinan Lawang Budaya Wandasona Alhamd mengatakan, ia sangat bersyukur pihaknya berhasil berada di jajaran 12 besar karya musik yang lolos kurasi dari 65 karya dan 57 komponis se-Indonesia. Ia menjelaskan, karya yang diusungnya tersebut merupakan hasil perenungannya terhadap perkembangan seni musik tradisional di Provinsi Babel.

"Sebenarnya seni musik tradisional Babel ini, punya banyak potensi. Seperti salah satunya Dambus yang sangat identik kalau kita bicara musik tradisional di Negeri Serumpun Sebalai,'' jelasnya, kepada klikbabel.com, Jumat (2/11/2018).

Dambus yang dinilanya sebagai alat musik ikonik musik tradisional di Babel tersebut, sudah banyak tersebar di wilayah Babel. "Kita lihat saja eksistensi musisi tradisional dambus kita, ada di setiap wilayah Babel. Ini membuktikan spirit dambus itu luar biasa dari sejak dulu yang kita pun tidak tau kapan kesenian dambus ini ada,''ungkapnya.

Hingga detik ini, kesenian dambus tetap eksis dan tidak pernah hilang termakan zaman. Spirit tersebutlah yang ingin dipertahankan olehnya dan kawan-kawan. Selain itu, di Babel sendiri, secara struktur kesenian Dambus dapat terbilang sederhana, layaknya musik melayu pada umumnya. Namun lebih dari pada itu dambus memiliki keunikan yang tidak di miliki daerah lain di Indonesia baik dari bentuk dan cara memainkannya.

"Dambus itu dinamis, lihat saja dari bentuknya yang memadukan unsur melayu dan lokalitas daerah Babel. Sebut saja badannya sama seperti Gambus melayu pada umumnya namun yang membedakan kepalanya berwujud kepala rusa yang memiliki nilai filosofi bahwa dambus itu istimewa. Mengingat bagi masyarakat Babel Rusa adalah hewan yang istimewa yang dulunya diburu dan jika berburu dapat rusa artinya akan makan besar,'' ucapnya.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com