• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BPS : Penetapan UMP Harus Diimbangi Peningkatan Produktivitas Perusahaan

Jumat, 02 November 2018 | 09:43 WIB
Kabid Distribusi BPS Babel Taufik. Foto : Septi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP). Besarannya adalah Rp 2,9 Juta. Penghitungan UMP tersebut berdasarkan inflasi dan PDRB yang dihitung sesuai aturan.

Kepala Bidang Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Babel, Taufik menyebutkan, dalam menentukan tingkat upah minimum melibatkan beberapa pihak. Yaitu pemerintah, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) sebagai penyalur aspirasi pekerja dan wakil pengusaha melalui APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia).

Pihak tersebut bertugas mengevaluasi tingkat upah minimum yang berlaku pada saat tertentu dan memutuskan apakah tingkat upah tersebut sudah saatnya untuk dinaikkan atau belum. Penetapan UMP kata Taufik, biasanya lebih besar atau setidaknya sama dengan upah minimum tahun sebelumnya. "Kenaikan tersebut cenderung mengakibatkan bertambahnya biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperhatikan kesejahteraan pekerja," kata Taufik, Jumat (2/11/2018).

Dengan begitu, menurutnya pemerintah juga harus memperhitungkan kemampuan dan kelangsungan hidup perusahaan. "Apabila upah minimum yang ditetapkan terlalu rendah maka para pekerja akan selalu dalam kehidupan yang sengsara dan sulit untuk mencapai kesejahteraan. Demikian pula sebaliknya, dengan penetapan upah minimum yang terlalu besar maka perusahaan akan mengalami kesulitan likuiditas atau kolabs, apabila tidak diimbangi dengan peningkatan produksi dan produktivitas," tuturnya.

Ia juga menyebutkan, penetapan UMP demi menjamin kesejahteraan pekerja dengan tidak memberatkan perusahaan perlu diwujudkan demi kepentingan bersama. Dalam hal ini pemerintah perlu melakukan upaya untuk menekan laju inflasi dan menekan harga-harga kebutuhan pokok sehingga UMP yang ditetapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja.

loading...
loading...


Penulis  : Septi. A
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com