• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Polres Basel Akan Jadi Inisiator Tim Terpadu Ilegal Mining

Kamis, 01 November 2018 | 20:31 WIB
Kapolres Basel AKBP Aris S menunjukkan barang bukti yang diamankan dari beberapa tersangka. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Polres Bangka Selatan (Basel) nampaknya akan lebih serius menangani perkara ilegal mining atau tindak pidana pertambangan ilegal di Bumi Junjung Besaoh kedepannya. Sebab, jika tidak segera ditangani oknum nakal yang bertindak sesukanya tanpa memperhatikan kondisi, alam akan terus melakukan aktivitas pertambangan ilegal yang mengarah pada pengrusakan kawan hutan lindung.

"Saat ini telah diupayakan Polres Basel menginisiatori sebuah tim terpadu yang tentunya nanti akan melibatkan instansi terkait yang berkompeten yang dapat diajak bekerjasama dalam rangka melakukan deteksi sekaligus melakukan penertiban dan penegakkan hukum," ujar Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono didampingi Kabag Ops dan Kasatreskrim AKP Hary Kartono, Kamis (1/11) sore.

Kapolres menegaskan, tim terpadu nantinya akan melakukan penegakkan hukum atas kasus ilegal mining yang dilakukan di kawasan hutan yang dilindungi. Apabila terbukti melanggar, pelaku akan dijerat dengan hukuman sebagaimana merujuk Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba dan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Pengrusakan Hutan Lindung.

"Tim terpadu itu nantinya akan bersinergi dengan Kementerian Kehutanan dalam rangka melakukan kegiatan deteksi, sejauh mana kegiatan yang masih berpotensi. Baik dilakukan di wilayah hutan produksi (HP), hutan konservasi (HK) dan hutan lindung (HL) yang berada di wilayah Kabupaten Bangka Selatan," paparnya.

"Sejauh ini proses penegakkan hukum yang dilakukan di kawasan hutan lindung, Polres Basel masih melakukan kegiatan secara tim melalui Satreskrim yang dipimpin oleh Kasatreskrim bersinergi dengan kepolisian setempat," sambung dia. Dalam konferensi pers hasil tangkapan tindak pidana di wilayah hukum Polres Basel selama dua bulan terakhir tersebut, polisi berhasil mengungkap tiga kasus dan menangk tiga orang pelaku yang terlibat dalam tindak pidana ilegal mining di kawasan hutan lindung daerah ini.

Ketiga pelaku tersebut diantaranya inisial AH (35) dan SR (27) warga Jl Mayor Muzir Kelurahan Toboali, DS (25) warga Desa Keposang Kecamatan Tukaksadai atas kepemilikan peralatan tambang ilegal (TI) yang melakukan eksploitasi penambangan di kawasan hutan lindung. Kini kasusnya dalam proses penyidikan dan barang bukti maupun tersangka sudah ditangani dan ditindaklanjuti oleh Satreskrim Polres Bangka Selatan.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com