• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Paguyuban Perguruan Maung Pande Lestarikan Budaya Indonesia

Kamis, 01 November 2018 | 12:14 WIB
Anggota Paguyuban Perguruan Maung Pande. Foto : Ist

Klikbabel.com, Tanjungpandan - Paguyuban Perguruan Maung Pande membuka cabang di Bangka Belitung (Babel). Tepatnya di Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Guru besar Maung Pande Belitung Abah Firwira berharap, seni budaya bela diri Maung Pande dapat memperkembangkan seni budaya Indonesia.

Klik Juga : Ibunda Jannatun Cintya Pingsan

"Untuk padepokan pelatihan seni budaya bela diri bisa di ikuti dari kalangan anak-anak, remaja dan orang tua. Dari wanita dan laki-laki. Untuk anak-anak di latih dalam sebagai persilatan bela diri dalam bentuk pencak silat. Dan sudah dalam masuk usia lanjut bisa memasuki seni bela diri kebathinan," paparnya, Kamis (1/11/2018).

Aba Firwira berharap pula, para pendekar silat seluruh Bangka belitung dapat bersatu padu. Sebagaimana dicontohkan oleh sesepuh pada zaman penjajahan dulu untuk mengusir orang asing. Dia ingin para pesilat tidak terpecah belah dan mampu menjadikan seni beladiri silat sebagai budaya yang terorganisir dan propsional. Baik secara individu maupun kelembagaan.

"Dari dulu sampai sekarang seluruh perguruan silat di Indonesia yang seperti mana kita lihat dan amati belum mampu menjadi perguruan yang profesional, hampir sama saja tidak berkembang. Untuk itu kita berharap mudah-mudahan kita kedepan lebih inovatif lagi dan lebih maju," kata dia.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com