• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Inflasi Oktober Diprediksi Capai 0,2%

Kamis, 01 November 2018 | 09:15 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) hari ini akan merilis data inflasi di bulan Oktober 2018. Ekonom memproyeksikan inflasi akan berada di rentang 0,15%-0,2% month to month (mtm). "Inflasi Oktober saya perkirakan akan sedikit naik. Diperkirakan bulan oktober inflasi akan berada di kisaran 0,15%-0,2% mtm," ujar Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Pieter Abdullah Redjalam, Kamis (1/11/2018).

Klik Juga : Berikut Kurs Dolar di Sejumlah Bank Nasional

Dia menjelaskan, inflasi didorong gejolak harga pangan atau volatile foods yang akan meningkat setelah dua bulan sebelumnya mengalami deflasi. Di mana BPS mencatat pada bulan Agustus terjadi deflasi Agustus 2018 yang sebesar 0,05% mtm dan September deflasi sebesar 0,18% mtm. Sementara inflasi dari administered price dinilai tidak akan banyak berubah karena pembatalan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Petalite oleh pemerintah. "Sedangkan kenaikan BBM jenis Pertamax tidak cukup berdampak ke inflasi," katanya.

Faktor lainnya, lanjut Piter, pelemahan nilai tukar Rupiah juga menyumbang adanya peningkatan inflasi inti. "Yang juga berpotensi sedikit meningkat adalah inflasi inti yang dipicu oleh depresiasi Rupiah," jelasnya. Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi bulan Oktober 2018 sebesar 0,17% mtm. Hal tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) yang dilakukan BI.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com