• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Jangan Buang Dulu 9 Makanan Ini Ketika Kadaluwarsa

Rabu, 31 Oktober 2018 | 11:40 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Tanggal kadaluwarsa merupakan penanda bagi setiap orang untuk mengkonsumsi setiap makanan maupun minuman. Tanggal kadaluwarsa biasanya terdapat di dalam kemasan sehingga kita dapat memahami makanan atau minuman tersebut masih laik atau tidak. Jika nekat, kesehatan tubuh pun bisa terganggu.

Klik juga : DPRD Babel Beri Beasiswa Kepada Anak Korban Pesawat Lion Air

Namun, dikutip dari keepo.me (jaringan klikbabel.com), Rabu (31/10/2018) ada beberapa makanan yang bisa mengabaikan aturan tersebut. Kita masih bisa mengonsumsi 9 makanan ini meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa. Biar tambah pengetahuan, simak nih daftarnya.

1. Sereal
Sereal sering dijadikan menu untuk sarapan. Sayangnya, ada batas konsumsinya. Tapi, tenang, kita masih bisa mengonsumsi sereal sebulan setelah lewat tanggal kedaluwarsa dengan catatan kemasan masih tertutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk.

2.Minuman Bersoda
 Jika kamu punya minuman bersoda sudah lewat tanggal kedaluwarsa jangan langsung dibuang. Masih bisa diminum kok. Tapi, pastikan terlebih dulu botol, kaleng, atau wadahnya tidak rusak. Kita bisa meminumnya hingga sebulan setelah masa kedaluwarsa.

3. Keripik
Untuk mencegah terkontaminasi berbagai bakteri, berbagai jenis makanan bisanya dibuat dalam kondisi kering, tak terkecuali keripik. Hal itu juga membuat keripik bisa dimakan meski telah melewati masa kedaluarsa paling lama 3 minggu hingga satu bulan.

4. Cokelat
Cokelat memang sebaiknya disimpan di lemari pendingin. Selain agar tetap dalam bentuknya, masa konsumsi cokelat juga akan bertambah lama. Hal ini juga berlaku untuk berbagai makanan manis lainnya.

5. Yogurt
Yogurt yang dibuat dari susu juga bisa kita konsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluarsa. Asalkan, yogurt kita simpan di lemari pendingin dalam kemsan yang tertutup rapat.

6. Biskuit
Seperti halnya keripik, biskuit juga salah satu makanan ringan yang dikemas dalam kondisi kering. Hal inilah yang membuat biskuit tetap aman dikonsumsi hingga 2 bulan setelah tanggal kedaluwarsa.

7. Roti
Biasanya, roti hanya memiliki tanggal kedaluwarsa yang sebentar. Kita masih bisa mengonsumsinya meski telah lewat tanggal kedaluarwa. Tapi, harus kita simpan di lemari pendingin. Apabila sudah berjamur, buang bagian yang berjamur baru makan bagian yang lain.

8. Keju
Sama seperti yogurt, meski terbuat dari susu, keju juga bisa dimakan setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Kalau berjamur, buanglah bagian tersebut. Kita sudah tidak mengonsumsi keju bila sudah berubah warna.

9. Mayonaise
Terakhir, ada mayonaise. Mayonaise bisa dikonsumsi hingga 2 sampai 3 bulan setelah masa kedaluwarsa lewat. Mayonaise harus disimpan di lemari pendingin dan dalam kondisi kemasan tertutup.

Nah, bila kamu mendapati jenis-jenis makanan di atas sudah lewat tanggal kedaluwarsa jangan langsung dibuang. Makan aja. Kalau dirasa sudah nggak layak baru deh dimusnahkan.



Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : keepo.me