• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


2019, Pegawai Babar Diwajibkan Gunakan Pakaian Tradisional

Rabu, 31 Oktober 2018 | 12:51 WIB
Seminar pakaian tradisional Bangka Barat. Foto : Ist

Klikbabel.com, Muntok - Lembaga Adat Melayu (LAM) Negeri Sejiran Setason (NSS) Kabupaten Bangka Barat menggelar seminar pakaian tradisional di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat, Senin (29/10/2018) di Gedung OR II Sekretariat Daerah (Setda) Bangka Barat.

Klik Juga : Kehebatan Doa Safar Sebelum Naik Pesawat

Acara seminar secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Barat Yunan Helmi mewakili Bupati Bangka Barat. Dalam sambutan sebelum membuka acara, beliau sangat mengapresiasi acara seminar ini, apalagi ini berkaitan dengan identitas melayu di Bangka Barat ini. Ia juga merasa sangat bangga jika jati diri kita dapat dikenal melalui pakaian tersebut.

Hadir sebagai narasumber dalam seminar, Dato Ibnu Hajar salah satu tokoh budayawan Bangka Belitung, yang menyampaikan penjelasan tentang beberapa pakaian adat melayu yang ada di Indonesia. Ia berharap nantinya dari pakaian-pakaian melayu yang telah ada menjadi rujukan atau gambaran untuk pakaian melayu di Bangka Barat. Selain Dato Ibnu Hajar, narasumber lainnya yakni Grisham, yang juga menjelaskan jenis dan peruntukan pakaian tersebut.  Seperti untuk orang yang telah menikah beda dengan yang belum menikah, juga yang anak-anak.

Seminar pakaian tradisional ini berhasil merekomendasikan pola, motif, warna dan tatacara pemakaiannya. "Mulai tahun 2019 semua instansi pemerintahan dan swasta dalam lingkungan Babar harus menggunakannya, yakni setiap hari Jumat untuk baju kurung cekek/seting dan setiap hari Kamis untuk batik motif cual," papar Sardi selaku Ketua LAM MAS Babar dalam rilis yang diterima klikbabel.com, Rabu (31/10/2018). Seminar dihadiri dari perwakilan lembaga adat setiap kecamatan, camat, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerhati budaya dan sejarah, dan lainnya.

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com