• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Setahun, Basel Rogoh Kocek Rp25 Miliar untuk Guru Honor

Senin, 29 Oktober 2018 | 18:43 WIB
Kepala Disdikbud Basel Edy Supriadi

Klikbabel.com, Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) harus mengeluarkan 20-25 miliar setiap tahunnya untuk membayar gaji guru honorer yang dikucurkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Anggaran sebesar itu harus dikeluarkan daerah ini lantaran banyaknya tenaga pendidik yang berstatus honorer.

Dari data yang berhasil dihimpun Klikbabel.com, terdapat sekitar 600 guru honor yang menjadi tenaga pendidik didaerah ini guna menutupi banyaknya kekosongan guru yang berstatus pegawai negeri sipil.

"Perekrutan guru honorer ini sebagai bentuk antisipasi kita terhadap kekurangan guru PNS. Ada sekitar 600 tenaga honor yang direkrut, untuk menutupi kekosongan itu. Namun, kita pastikan seluruh guru honor jenjang pendidikannya S1, karena aturannya kualifikasi harus S1," ujar Kepala Disdikbud Basel Edy Supriadi, Senin (29/10).

Edy menegaskan, untuk guru kelas ditingkat sekolah dasar (SD), besaran upah yang merek terima perbulannya sekitar Rp 1.8 juta. Sedangkan untuk guru mata pelajaran ditingkat SMP diberi upah per jam, yakni Rp 60 ribu per jam. Akan tetapi, tidak semua pembayaran gaji guru honor dibebankan dari APBD kabupaten, pemberian upah tersebut juga dikucurkan dari APBN atau yang biasa disebut dana BOS sekitar 15 persen.

"Dominan kekurangan ini pada guru kelas. Sisanya baru guru mata pelajaran. Ditambah yang akan memasuki usia pensiun ada 180 guru PNS. Dengan demikian, akan semakin mempengaruhi jumlah kekurangan guru di Basel, makanya diantisipasi dengan merekrut tenaga honor," jelasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com