• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penderita Hipertensi Bisa Sebabkan Jantung Rusak

Senin, 29 Oktober 2018 | 09:48 WIB
Ilustrasi jantung. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Jantung adalah salah satu organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila jantung mengalami gangguan maka fungsi ini tidak berjalan dengan baik dan organ tubuh tidak mendapatkan suplai darah/oksigen yang cukup.

Kondisi seperti diatas tentu tidak menguntungkan bagi tubuh terutama bila yang mendapatkan penurunan suplai darah/oksigen itu adalah otak. Semua fungsi tubuh yang diatur oleh otak akan ikut mengalami gangguan.

Lalu, apa yang bisa menyebabkan jantung kita mengalami gangguan? Salah satunya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dikutip blogdokter, Senin (28/10/2018), tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol menyebabkan kerusakan pada jantung melalui cara berikut:

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner berpengaruh pada suplai darah otot otot jantung. Penyempitan pembuluh darah arteri pada penyakit jantung koroner menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Saat aliran darah ini tidak lancar, penderita akan mengalami nyeri dada, serangan jantung atau gangguan irama jantung (aritmia).

Pembesaran jantung kiri

Tekanan darah tinggi memaksa jantung bekerja lebih keras untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan suplai oksigen. Kondisi ini menyebabkan ventrikel/bilik kiri jantung mengalami penebalan/hipertropi. Kondisi ini menyebabkan terbatasnya kemampuan bilik kiri jantung dalam memompa darah. Bila hal ini berlangsung lama maka akan meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung dan henti jantung.

Gagal jantung

Dipaksanya otot jantung bekerja keras pada penderita hipertensi menyebabkan otot  otot jantung makin melemah dan bekerja tidak efisien. Lama kelamaan jantung akan lemah dan gagal berfungsi maksimal. Kerusakan akibat serangan jantung dapat memperparah kondisi ini.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : Blogdokter