• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Hanya 8 Kolam, Peternak Ikan Ini Bisa Hasilkan Rp50 Juta

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 09:08 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Toboali - Curah hujan dengan intensitas tinggi sangat dikhawatirkan Pokdakan Mina Usaha Jaya yang bermarkas di Kelurahan Teladan, Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Pasalnya, beberapa tahun kemarin kawasan tersebut dihantam banjir besar sehingga ikan-ikan yang ada di kolam-kolam terlepas sehingga menderita kerugian yang ditaksir mencapai Rp 70 juta.

"Pernah mengalami kerugian, setiap usaha pasti ada saja musibahnya. Waktu banjir tahun kemarin kalau tidak salah, ikan budidaya saya banyak lepas, hampir Rp 70 juta kerugian yang saya alami," kata Dayat, salah satu peternak anggota Pokdakan saat menceritakan pengalamannya, Sabtu (27/10).

Selain banjir, Dayat juga pernah menderita kerugian lainnya. Kala itu, dirinya membeli bibit ikan yang disinyalir terkena penyakit. Akibatnya, semua ikan yang ada pada saat itu banyak yang mati. Namun, selama tidak ada musibah yang menimpa, bersih penghasilan yang dirinya dapatkan secara hitungan global per tahun tatkala masa panen berlangsung mencapai angka Rp 50 juta dari 8 kolam ikan yang dikelola.

"Dari 4 jenis ikan yang saya ternak, ikan Lele paling susah memeliharanya. Harus rajin nyortir, dipilah seminggu sekali, kalau gak disortir habis yang kecil dimakan, Lele kan kanibal. Tapi dari ikan Bawal, Nila dan Patin, ikan Lele cepat panennya, tiga bulan sudah total, isinya 6 sampai 10 perkilo," tandasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com