• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kenali Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengobatinya

Jumat, 26 Oktober 2018 | 09:40 WIB
Ilustrasi sakit gigi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Sakit gigi bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Sering kali, nyeri pada gigi sangat mengganggu sehingga menghambat kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, sakit gigi tidak bisa dianggap remeh. Sebaiknya, kenali 5 penyebab dan cara mengobati sakit gigi berikut ini seperti dikutip dari blogdokter:

 

1. Tumbuh Gigi
Pada orang dewasa, biasanya sakit gigi disebabkan oleh tumbuhnya gigi bungsu atau molar terakhir. Karena posisinya yang berada di bagian belakang rahang, nyeri karena tumbuh gigi molar akan disertai dengan pusing dan bengkak pada bagian tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu boleh meminum obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. Jika terdapat bengkak, obat generik seperti asam mefenamat bisa membantu. Namun, jika rasa nyeri sangat mengganggu, sebaiknya lakukan rontgen dan pertimbangkan untuk mencabut gigi yang akan tumbuh melalui operasi kecil.

Gigi yang berlubang bisa disebabkan oleh kebiasaan konsumsi makanan atau minuman yang manis, serta tidak rajin melakukan perawatan seperti sikat gigi dan mengunjungi dokter.

 

2. Gigi Berlubang
Gigi berlubang bisa merembet menjadi masalah baru karena syaraf gigi terbuka sehingga bakteri dari luar mudah masuk. Cara mengobati sakit gigi paling ampuh untuk masalah ini adalah dengan membersihkan dan menambalnya. Untuk itu, kamu akan membutuhkan layanan profesional seperti yang ditawarkan oleh Orange Dental House.

 

3. Gingivitis

Gingivitis adalah kondisi ketika gusi mengalami pembengkakan. Jika tidak ditangani dengan segera, pembengkakan bisa berujung pada abses atau peradangan pada gusi. Pada akhirnya, bakteri yang masuk melalui abses bisa merusak syaraf pada gigi dan menimbulkan rasa nyeri yang lebih hebat lagi.

Untuk mengatasi gingivitis, dokter gigi biasanya akan membersihkan dan mengeringkan nanah yang ada pada abses. Setelah itu, antibiotik diberikan pada pasien untuk memastikan tidak ada lagi bakteri di dalam gusi.


4. Abrasi Gigi

Abrasi gigi sering menjadi penyebab gigi menjadi lebih sensitif. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh pola makan yang kurang baik dan cara menyikat gigi yang salah. Akibatnya, lapisan gigi terkikis dan membuatnya lebih rentan sakit ketika kontak dengan air dingin atau panas.

Cara mengobati sakit gigi karena abrasi adalah dengan menambahkan lapisan fluor yang berupa gel atau obat kumur. Jika abrasi sudah parah, dokter gigi bisa memperbaikinya dengan menambal lapisan gigi.

 

5. Bruxism

Bruxism adalah istilah yang dipakai untuk seseorang yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi pada saat tidur, cemas, atau marah. Sering kali, penyebab bruxism dikaitkan dengan kondisi psikologis seseorang.

Walaupun sering terjadi tanpa disadari penderita, kondisi bruxism bisa berujung pada sakit kepala, gigi, dan rahang yang cukup mengganggu. Penderita mungkin membutuhkan terapi psikologis atau penggunaan pelindung gigi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : Rangga
Sumber : Blogdokter