• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemasaran Ikan Dikeluhkan, DPPP Bangka Selatan Janji Beri Solusi

Kamis, 25 Oktober 2018 | 18:52 WIB
Peternak ikan air tawar Toboali, Basel. Foto : Devi Dwi/klikbabel.com

Klikbabel.com, Toboali - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan segera mengambil langkah menyikapi keluhan peternak yang mengalami kesulitan pemasaran ikan air tawar tatkala masa panen berlangsung.

Untuk itu, DPPP Basel akan menjalin komunikasi langsung dengan pembudidaya ikan yang tergabung dalam pokdakan yang dianggap memiliki hasil panen skala besar, agar bisa tembus ke pasar-pasar yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) maupun luar daerah.

"Untuk pemasaran sendiri, kita akan komunikasikan ini dengan para peternak. Tapi hendaknya, kita harus memenuhi kebutuhan daerah ini dulu, kalau sudah cukup baru kita buka link pemasaran luar daerah," kata Kabid Perikanan DPPP Basel, Abdulhaq, Kamis (25/10).

Menurut Abdul, jika produksi ikan budidaya sudah melimpah, sistem pengolahan pemasaran ikan akan berjalan dengan sendirinya. Entah itu tetap di pasarkan, bisa juga diolah dengan sendirinya menjadi olahan produksi seperti abon. Selain itu, pembudidaya juga harus peka dengan membaca pasar.

Tatkala dominan ikan laut, maka pasar ikan air tawar akan berkurang. Namun, kalau ikan laut sedang susah, seperti sekarang karena pengaruh cuaca angin kencang, bulan terang pemasaran ikan air tawar akan ramai.

"Buat schedule harusnya, penaburan benih harus membaca cuaca. Jadi saat panen, tidak berbenturan dengan melimpahnya ikan laut. Mau khusus skala besar atau kecil. Enaknya, budidaya ikan ini bisa diestimasikan untung ruginya, walau harga tidak naik, justru lebih bagus stabil," jelasnya.

loading...
loading...


Penulis  : Devi Dwi Putra
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com