• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gubernur Erzaldi Terima Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara 2018

Rabu, 24 Oktober 2018 | 09:41 WIB
Gubernur Babel Erzalri Rosman saat menerima penghargaan KASN
Loading...

Klikbabel.com, Jakarta - Sejumlah langkah perubahan yang dilakukan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, sejak resmi dilantik Presiden Jokowi pada 12 Mei 2017 lalu, baik di internal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel maupun bagi masyarakat, mulai membuahkan hasil. Selain telah meraih sejumlah penghargaan pada tingkat nasional dan internasional, kini sebuah anugerah kembali diterima Gubernur Erzaldi, yaitu Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) 2018.  

Anugerah dalam Kategori Utama, yakni Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi itu, diserahkan secara langsung oleh Ketua KASN RI, Sofian Effendi kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018), bersamaan dengan Seminar Nasional dengan tema “Pengembangan Human Capital dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara” dan Deklarasi “Gerakan Nasional Netralitas ASN”. Waluyo, Komisioner KASN Bidang Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi, menjelaskan, pemberian anugerah dilakukan sebagai bentuk apresiasi KASN pada Instansi Pemerintah atas Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan Inovasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.  

Disebutkan Waluyo, tujuan pemberian "Anugerah KASN 2018" adalah: (1) Memberikan apresiasi atas komitmen dan prestasi kinerja instansi pemerintah, yang telah menerapkan sistem merit dalam pengisian JPT melalui seleksi terbuka sebagaimana diamanatkan UU-ASN; (2) Mendorong peningkatan kepatuhan dan kualitas tata kelola pelaksanaan seleksi terbuka JPT; (3) Memberikan penghargaan atas inovasi penguatan penerapan sistem merit dalam manajemen ASN, dan (4) Menyebarluaskan praktek-praktek terbaik (best practices) dalam pelaksanaan pengisian JPT melalui seleksi terbuka, sebagai pembelajaran bagi instansi pemerintah lainnya.

Untuk memastikan bahwa proses penilaian "Anugerah KASN 2018"  berjalan secara obyektif, profesional dan independen, dikatakan Komisioner KASN Bidang Pengawasan, Monitoring dan Evaluasi, maka dibentuk Tim Panel Ahli yang terdiri dari unsur eksternal KASN dan didukung unsur internal KASN. “Unsur eksternal merepresentasikan ketokohan, kredibilitas, kontribusi dan perannya dalam mewujudkan dan mendorong tata kelola kepemerintahan yang baik sesuai bidang keahlian dan profesinya,” kata Waluyo.

Tim Panel Ahli "Anugerah KASN 2018" dari unsur eksternal, beranggotakan: Azwar Abubakar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 2011-2014;  JB Kristiadi, Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN); Teguh Widjinarko, Staf Ahli Bidang Budaya Kerja, Kementerian PAN dan RB; Hamdani Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kementerian Dalam Negeri; Dwi Soetjipto Direktur Utama Pertamina 2014-2017; Yulina Setiawati Asesor Utama Badan Kepegawaian Negara; R Endi Djaweng, Direktur Eksekutif Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD); Yosep Stanley Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers Indonesia.

Anugerah KASN Tahun 2018 ini, ditambahkan Waluyo, merupakan yang kedua kali dilaksanakan. Yang Pertama, diselenggarakan tahun 2017. Untuk 2018, terdapat dua kategori penghargaan, yakni Kategori Utama: Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian JPT. Yang dinilai dari tiga dimensi, yakni perencanaan seleksi, pelaksanaan seleksi dan pelaporan hasil seleksi secara lengkap dan didukung dengan evidence yang valid.

Berikutnya, Kategori Khusus: Inovasi dan Promosi Penguatan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara, dengan empat jenis kategori penghargaan, yakni (a) Pengembangan Manajemen Talenta; (b) Pengembangan Sistem Manajemen Kinerja Individu ASN; (c) Pemanfaatan Assessment Center; dan (d) Pelaksanaan Manajemen SDM ASN.

“Berdasarkan hasil pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh KASN, tingkat kepatuhan dan kualitas tata kelola pelaksanaan seleksi terbuka pada instansi pemerintah semakin meningkat,” ungkap Waluyo.

Untuk Anugerah KASN 2018 Kategori Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian JPT, hanya diberikan kepada tiga Provinsi,  yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Sumatera Barat. Gubernur Erzaldi usai menerima Anugerah tersebut, mengucapkan syukur, karena Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mendapatkan penghargaan Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi dari KASN. “Syukur Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan dari KASN ini. Kedepan, kita harus bisa mendapatkan penghargaan lagi, dalam upaya mewujdukan ASN yang beritegritas,” kata Gubernur Erzaldi. Ikut mendampingi Gubernur Erzaldi dalam kesempatan itu, Sekda Babel Yan Megawandi, Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman, dan Kepala Bidang Pengadaan, Mutasi dan Kepangkatan BKPSDMD Babel Medyharto.(adv)

Loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com