• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gempa Lagi, Warga Palu Panik dan Berhamburan Keluar

Rabu, 24 Oktober 2018 | 10:15 WIB
Warga berjalan di antara tenda tempat tinggal terpadu bagi pengungsi terdampak gempa di Loli Saluran, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10). Foto : Antarafoto

Klikbabel.com, Palu - Sebagian warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah, kembali panik dan lari keluar dari bangunan gedung saat gempa 3,3 SR (Skala Richter) kembali mengguncang daerah itu, Rabu (24/10) sekitar pukul 09.42 WITA atau 08.42 WIB. Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 3,3 SR, dengan lokasi 0,80 LS - 119,86 BT [Teluk Palu, 11 km arah utara Palu], dan kedalaman 5 km, dirasakan III-IV MMI di Palu.

Klik Juga : Bangkai Kapal Tertua di Dunia Ditemukan di Laut Hitam

Warga bergegas berdiri dan lari keluar bangunan gedung. Saat gempa mengguncang, sebagian dari mereka tengah beraktivitas di perkantoran milik pemerintah, perbankan dan sebagainya. Nasabah yang berurusan di beberapa perbankan di Jalan Jenderal Soedirman Kota Palu, bergegas lari keluar bangunan gedung. Di Bank BTN misalnya, semua nasabah dan pegawai di bank ini yang hendak mengurus penangguhan pembayaran kredit rumah berhamburan keluar gedung.

Begitu pula di Bank BRI yang letaknya tidak jauh dari Bank BTN. Nasabah berdiri di halaman dan enggan masuk pascagempa kurun beberapa menit. Sebagian karyawan dan nasabah masuk kembali ke gedung untuk melanjutkan proses pelayanan, sementara sebagian dari mereka memilih tidak meneruskan aktivitas.

Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Kota Palu pada Jumat 28 September 2018 masih membekas bagi warga daerah ini. Banyak warga yang sampai kini masih trauma, dan belum beraktivitas dalam gedung secara maksimal. Pascagempa, terjadi likuifaksi dan tsunami pada Jumat 28 September 2018 petang, dan sampai saat ini gempa masih terus mengguncang Kota Palu, dengan skala atau kekuatan yang bervariasi.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com