• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gunther Von, Kolektor Mayat yang Lantas di Museumkan

Sabtu, 20 Oktober 2018 | 09:26 WIB
Museum Body Wordls yang ada di Berlin, Jerman. Foto : Net

Klikbabel.com, Jerman - Gunther Von Hagens selama ini dikenal sebagai seorang kolektor mayat manusia. Ia mengumpilkan mayat dari berbagai belahan dunia untuk dipamerkan di museum Body Worlds. Museum Body Worlds ini terletak di Berlin, Jerman dan secara resmi beroperasi pada tahun 2015. 

Gunther Von Hagens dan istrinya bernama Angelina Wahley, berkeliling dunia untuk menemukan banyak mayat manusia yang kemudian akan ia jadikan pameran. Untuk mendapat mayat manusia, ia dan istri harus berkunjung ke Eropa Timur, Cina dan India di Asia. Negara-negara ini menjadi tujuannya karena memiliki penduduk terbesar di dunia.

Mayat manusia yang sudah terkumpul ini lalu dikuliti dan diplester untuk kemudian dibuat berpose 'heroik' layaknya sebuah karya seni. Hagens mengaku jika ia menggunakan teknik plastinasi untuk memungkinkan mayat tersebut dapat dibedah dan dibongkar seluruh bagiannya. Anatominya ini lalu ditunjukkan bagi pengunjung yang ingin menyaksikannya.

Ide gila Hagens ini membuatnya harus terkena berbagai kontroversi. Namun, ia masih saja menjalankan kegemarannya tersebut. Beberapa kritikus bahkan menyebutnya sebagai 'Dr Death' karena obsesi berlebihannya terhadap mayat manusia. Seolah tidak terganggu dengan berbagai kritik yang datang padanya, Hagens mengaku memiliki misi manusiawi. Yaitu untuk memperlihatkan secara langsung kepada banyak orang mengenai bagaimana struktur anatomi asli pada tubuh manusia terlihat.

loading...
loading...


Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com