• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lah Masuk Daftar Pemilih Lom Seperadik? Yohh Kite Cek di GMHP

Jumat, 19 Oktober 2018 | 15:17 WIB
Posko GMHP KPU Bangka. Foto : Ist

Klikbabel.com, Sungailiat - Posko layanan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) penyempurnaan Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 didirikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka. Divisi Perencanaan dan Data KPU Bangka M. Hasan menjelaskan, posko GMPH telah dibuka sejak tanggal 1 Oktober dan akan terus berjalan hingga 28 Oktober 2018 mendatang di beberapa tempat, seperti kantor KPU setempat, Sekretariat PPK serta 81 kantor desa/kelurahan.

Klik Juga : Rahasia Rini yang Diungkap Keluarga Sebelum Kecelakaan

Ia melanjutkan, tujuan didirikannya posko GMHP tersebut, dalam rangka antisipasi data pemilih bermasalah menuju Pemilu 2019 yang akan datang. "Untuk memastikan juga seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar secara valid menjadi pemilih,'' tegasnya, Jumat (19/10/2018).

Hasan juga berharap keaktifan dan partisipasi masyarakat untuk mendatangi posko layanan yang sudah disiapkan, apabila belum terdaftar di DPT. Memastikan nama untuk terdaftar dari masyarakat, sebagai orang yang mempunyai hak pilih pada Pemilu 17 April 2019 kedepan sangat dibutuhkan. ''Masyarakat bisa mengecek namanya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dengan mendatangi kami di posko layanan GMHP terdekat,'' ucapnya.

Selain itu, KPU Bangka juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka sesuai rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten mengenai verifikasi penduduk usia 70 tahun ke atas. ''Untuk hasil verifikasi, sudah ditemukan sekitar 35 orang yang sudah meninggal dunia dan telah dikeluarkan dari DPTHP1,"tutupnya. Kemudahan juga diberikan kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan namanya, dengan menggunakan aplikasi KPU RI Pemilu 2019 atau website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id menggunakan smartphone mereka.

 

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com/rilis