• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dugaan Meloloskan Timah Ilegal, Ini Kata Surveyor Indonesia

Jumat, 19 Oktober 2018 | 16:15 WIB
Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Dian M Noer

Klikbabel.com, Jakarta - Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia (ICDX) menghentikan sementara (suspend) perdagangan timah batangan dan bijih timah Indonesia yang diverifikasi oleh PT Surveyor Indonesia (Persero). Verifikasi BUMN yang bergerak di bidang survei itu diduga meloloskan timah dari pertambangan ilegal. Terkait hal itu, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Dian M Noer saat ditemui di kantornya enggan berkomentar. Dia menyarankan awak media bertanya kepada Direktur Komersial II Surveyor Indonesia, Darwin Abas.

Klik Juga : Verifikasi Timah Surveyor Indonesia Tidak Berlaku Lagi

Sementara itu kata Darwin, saat ini perusahaan masih berkonsolidasi dengan pihak terkait di lapangan, termasuk perusahaan tambang timah yang masuk dalam daftar verifikasi Surveyor Indonesia, yang di-suspend ICDX per 16 Oktober 2018. Darwin menargetkan masalah ini selesai dalam satu minggu ke depan. “Kami lagi konsolidasi dengan teman-teman di lapangan biar clear. Dalam minggu ini kita selesaikan,” kata dia saat ditemui di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Jumat (19/10/2018). Meski begitu, Darwin enggan menjabarkan secara rinci tentang masalah yang terjadi. Dia mengaku belum mendapatkan detail laporan dari lapangan. “Detailnya kita belum dapat laporan dari lapangan. Kita konsolidasi dulu,” lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, dikutip dari Reuters (18/10), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan bahwa penangguhan perdagangan timah yang diverifikasi PT Surveyor Indonesia ini tidak akan mengganggu perdagangan timah Indonesia. “Hanya ada sedikit stok dengan verifikasi dari Surveyor Indonesia,” kata Kepala Bappebti Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana. Produsen timah terbesar di Indonesia, PT Timah Tbk, mengatakan tidak terpengaruh oleh penangguhan karena tidak menggunakan Surveyor Indonesia untuk verifikasi asal.

loading...
loading...


Penulis  : -
Editor    : A. Hairul
Sumber : Kumparan.com