• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tiga Pabrik Sawit Bakal Berdiri

Kamis, 11 Oktober 2018 | 21:14 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Muntok - Tiga pabrik sawit baru bakal berdiri di Bangka Belitung. Hal ini diharapkan, dapat mengatasi persoalan murahnya harga tanda buah segar (TBS) sawit.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman menjelaskan, jumlah peningkatan perkebunan sawit sudah diluar kendali. Padahal lima tahun sebelumnya, sudah ada upaya moratorium pembukaan lahan perkebunan sawit. Karena jumlah produksi melebihi, membuat harga TBS murah.

"Kondisi yang terjadi sekarang, kapasitas produksi pabrik tetap namun jumlah produksi perkebunan sawit terus meningkat. Untuk itu pemerintah provinsi berupaya menarik investasi pembuatan pabrik baru," jelas Erzaldi, Kamis (11/10/2018).

Sementara ini, sudah ada tiga pabrik pengelolaan TBS bakal berdiri. Menurut Erzaldi, pembangunan pabrik tersebar di sejumlah kabupaten di Bangka Belitung. Untuk mendirikan pabrik hingga bisa beroperasional diperkirakan membutuhkan satu tahun lebih.

Selain menyinggung mengenai komoditas sawit, Erzaldi juga membicarakan dan mengajarkan masyarakat petani strategi menjual komoditi perkebunan lada. Jika harga lada sedang murah, lebih baik disimpan terlebih dahulu.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com