• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ngopi Bareng Warga Teru, Bupati Sampaikan Hasil Kunjungan ke Vietnam

Kamis, 11 Oktober 2018 | 10:09 WIB
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menggelar ngopi bareng bersama warga desa Teru. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Teru - Antusiasme masyarakat desa Teru dalam mengikuti acara ngopi bareng Bupati sangat luar biasa, yang terlihat semakin malam semakin ramai warga yang ikut bergabung. Hadir juga perwakilan kecamatan, Kades dan Ketua BPD desa Teru. Tokoh agama dan tokoh masyarakat kecamatan Simpang katis dan masyarakat desa Teru, Rabu (10/10/2018) malam. 

Klik juga : Harga Karet dan Lada Murah Jadi Penyebab Pasar Sepi

Dalam kesempatan yang hangat tersebut, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh  menginformasikan tentang hasil dirinya studi banding ke negara Vietnam bersama forkopimda tentang lada. "Dengan junjung hidup membuat daya tahan hidup perpohonnya mencapai 25 tahun, maka itu Kabupaten Bateng akan menerapkan metode yang sama dengan membagikan bibit junjung hidup 12.000 buah untuk Tahun anggaran 2019, dan juga saya mengharapkan Pemdes bisa membantu pupuk kandang karena untuk 2019 APBDes  mencapai 1 milyar lebih," ujar Bupati.

Lanjutnya, dia menyarankan untuk penguasaan lahan di desa Teru harus dikuasai warga setempat dan jangan sampai dilepas atau dijual begitu saja kepada orang luar. Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga menginformasikan untuk belajar ke kecamatan lain yang sudah sukses mengembangkan berbagai komoditi pokok. 

Seperti cara beternak dan pemeliharaan sapi warga bisa belajar ke kecamatan Sungai Selan, untuk bertanam cabai merah yang dalam waktu 4 bulan sudah menghasilkan bisa belajar ke desa Kretak dan desa Trubus, serta untuk belajar bartanam bawang merah bisa belajar ke desa Cambai karena disana baru saja panen bawang merah.

"Pengetahuan dan ilmu harus di kuasai terlebih dahulu oleh calon petani agar tanaman yang di tanam berhasil panen, contoh untuk menanam ubi kayu, agar masyarakat lebih sejahtera lebih baik menggunakan mesin pembuat sagu agar hasilnya bisa dijual dengan harga yang relatif tinggi. Mka dari itu saya harapkan kepada para kawula muda untuk tidak hanya serius dalam pengelolaan fisik saja namun pembinaan rohani Juga harus lebih ditingkatkan," tutur Bupati.



Penulis  : Faisal
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com