• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Demi Ini, Instagram Uji Pelacakan Lokasi dan Share ke Facebook

Kamis, 11 Oktober 2018 | 00:09 WIB
Ilustrasi Instagram di smartphone. [Shutterstock]

Klikbabel.com - Instagram diketahui tengah menguji coba prototipe pengaturan privasi baru yang memungkinkannya untuk berbagi riwayat lokasi (Location History) pengguna dengan Facebook.

Artinya, riwayat lokasi dari koordinat GPS pengguna yang dikumpulkan Instagram, bahkan ketika pengguna tidak menggunakan aplikasi, akan bisa dilacak Facebook dan membantu media sosial pimpinan Mark Zuckerberg itu untuk menargetkan pengguna dengan iklan dan merekomendasikan konten yang relevan.

Klik juga : Tengkorak Kepala Purba Meledak, Buka Fakta Baru Pompeii

Data geo-tag atau proses menambahkan metadata geografis akan muncul di log Aktivitas Profil Facebook pengguna yang akan menampilkan peta lokasi dari tempat-tempat yang telah dikunjungi. Dilansir dari Tech Crunch, pengaktifan riwayat lokasi akan memberikan izin produk Facebook, seperti Instagram dan Messenger, untuk menggunakan informasi lokasi melalui Location Service di perangkat pengguna.

"Location History adalah setelan yang memungkinkan Facebook untuk membuat riwayat lokasi akurat yang diterima melalui Layanan Lokasi di perangkat pengguna. Saat Location History diaktifkan, Facebook secara berkala akan menambahkan lokasi akurat pengguna saat ini ke Location History pengguna bahkan jika pengguna meninggalkan aplikasi," tulis sebuah keterangan yang dikutip dari Tech Crunch.

Klik juga : Kemenkominfo Akan Panggil Facebook dan WhatsApp soal Konten LGBT

Untungnya, pengaturan pelacakan lokasi ini dapat dinonatifkan kapan saja di Pengaturan Lokasi pengguna. Ketika Location History dimatikan, Facebook akan berhenti menambahkan informasi baru ke Location History yang dapat dilihat di Pengaturan Lokasi

Facebook mengklaim bahwa Location History akan membantu pengguna menjelajahi apa yang ada di sekitar pengguna, mendapatkan lebih banyak iklan relevan, dan membantu meningkatkan Facebook.

Sementara itu, perwakilan Facebook mengatakan bahwa pihaknya belum memperkenalkan pembaruan ke pengaturan lokasi pengguna dan belum diketahui apakah fitur ini benar-benar akan diluncurkan serta kapan waktu peluncurannya.



Penulis  : Yodea Putri
Editor    : Zahrul
Sumber : Suara.comn