• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bilik Suara Pemilu dari Karton, KPU Bangka Siapkan Tempat Khusus

Kamis, 11 Oktober 2018 | 13:17 WIB
Gudang yang digunakan untuk menyimpan bilik suara. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka menyiapkan gudang khusus yang diperuntukan untuk menyimpan bilik suara Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang. Bilik suara ini, berbeda dengan sebelumnya. Yakni, terbuat dari karton atau kertas.

Klik Juga : Kosmetik Korea Paling Diincar Perempuan Indonesia

"Pertama-tama kita disuruh menyiapkan gudang dari KPU pusat untuk menyimpan bilik suara ini karena bukan terbuat dari aluminium lagi, tapi berbahan dasar kertas atau karton. Jadi perlu persiapan khusus, makanya kita sediakan tempat meletakkannya juga,'' ujar Komisioner Divisi Umum, Keuangan dan Logistik Iman Supiar, Kamis (11/10/2018).

Dia menambahkan, bilik suara yang diajukan oleh KPU Bangka sebanyak 1873 bilik suara. "Ya bilik yang kita ajukan ke KPU Pusat itu sesuai dengan jumlah yang kita butuhkan untuk pemilih yang ada di Kabupaten Bangka. Dan itu baru hanya bilik suaranya sementara untuk kotak suara kita kan menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari KPU pusat," jelasnya.

Hal tersebut dilakukan karena KPU Bangka merasa stok bilik suara yang sudah ada sebelumnya masih kurang dari jumlah yang dibutuhkan. Yakni pada kisaran 3 ribuan bilik suara. Sementara itu untuk kotak suara sendiri, pihaknya mengajukan, murni sesuai jumlah TPS yang ada di Kabupaten Bangka.

"Jadi jumlah TPS kita saat ini adalah 869 TPS dan per TPS nantinya akan terdapat 5 kotak suara jadi 869 dikalikan 5 itu ada sejumlah 4 ribuan kotak suara," ungkapnya. Ia melanjutkan, menurut pihak ekspedisi sendiri bilik suara tersebut direncanakan akan datang hari ini ataupun esok hari, karena pengiriman akan langsung bersamaan dengan daerah lainnya yang ada di Bangka Belitung.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com