• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Beltim Fashion Carnaval Disambut Positif

Kamis, 11 Oktober 2018 | 10:14 WIB
Salah satu peserta Beltim Fashion Carnaval. Foto : Ist

Klikbabel.com, Manggar - Sejumlah tampilan kostum bertemakan budaya nusantara dan flora fauna berjalan menyusuri ruas jalan utama Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur dalam acara Beltim Fashion Carnaval (BFC) 2018. Parade kostum yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur (Disbudpar Beltim) ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT Kota Manggar ke-147. Parade ini digelar pada hari Rabu (10/10/2018) sejak pukul 12.30 hingga selesai.

Klik Juga : Pesan Anak untuk Sutopo Bikin Mewek

Kepala Disbudpar Beltim, Evi Nardi mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi suatu wadah kreativitas yang ditampilkan dalam bentuk kostum karnaval. “Beltim Fashion Carnaval ini tidak hanya menjadi suatu daya tarik wisata dan hiburan bagi masyarakat, tapi juga menjadi wadah berkreativitas dalam membuat kostum tematik. Yang ikut tidak hanya masyarakat Beltim, tapi ada juga yang dari luar Beltim,” kata Evi yang ditemui usai melepas peserta di garis finish.

Evi juga mengatakan bahwa BFC juga merupakan upaya yang dirintis dalam rangka mempromosikan potensi wisata Belitung Timur. “Fashion carnaval seperti ini sudah sangat marak di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval yang sudah mendunia. Ini tak lain upaya mempromosikan pariwisata daerah, khususnya Belitung Timur,” katanya.

Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan, Peranciscus Aryanto menyampaikan bahwa kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat. “Masyarakat sangat terhibur. Mereka beramai-ramai menonton parade ini, karena penampilan kostum yang unik dan menarik. Apalagi kegiatan seperti ini kan masih jarang diadakan,” sampai Peran. Peran menambahkan bahwa banyak masyarakat yang berfoto dengan para peserta.

“Tema kali ini adalah budaya dan flora fauna. jadi kostum dibuat semenarik mungkin sesuai tema. Banyak masyarakat yang berfoto dengan para peserta. Yang penting parade tetap bisa berjalan lancar,” katanya.

Kepala Dinas KeKebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai juga memberikan tanggapan positif terhadap penyelenggaraan BFC. “Fashion carnaval seperti ini memang sangat menarik, apalagi kalau digarap dengan serius. Semoga melalui Beltim Fashion Carnaval ini dapat menjadi suatu daya tarik wisata yang akan melambungkan dan menjaga eksistensi Belitung Timur dalam kepariwisataan,” kata Rivai melalui sambungan telepon.

Pemenang BFC kategori Budaya Nusantara antara lain diraih oleh, Nadia DS Putri (Juara I), Juariandi (Juara II), dan Anggi Agung Albazis (Juara III). Sementara pemenang kategori Flora dan Fauna jatuh kepada, Farah Choirunnisa (Juara I), Evita Veron (Juara II), dan Suhar (Juara III).



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com